Select Page

Jadi Penulis dan Lesatkan Bisnis. Langkah Baru untuk Sukses Lewat Internet

 

Rajin menulis di koran mengantarkan saya bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Waktu itu Prof. Dr. Muhadjir Effendy sebagai Mendikbud. Saya juga diganjar sejumlah hadiah yang cukup besar. Cukup untuk membeli dua laptop. Tapi ironisnya, setelah mendapatkan penghargaan itu justru saya jadi jarang nongol di koran lagi.

Menerima penghargaan di gedung Kemdikbud, Jakarta

Saya seorang guru. Di sela-sela mengajar saya rutin menulis di koran. Salah satu tulisan saya meraih Juara 2 Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan. Dari uang hadiah lomba saya beli laptop dan mendaftar kuliah S2.

Namun, sungguh ironis, setelah mendapatkan penghargaan itu justru saya jadi jarang nongol di surat kabar lagi.

Penyebabnya bukan karena saya sudah jarang nulis, lho. Saya masih rutin nulis di banyak koran. Lalu satu per satu koran tutup. Ada juga yang mengurangi jumlah kolom untuk penulis. Akhirnya penulis makin bersaing ketat.

Penulis juga harus bersabar untuk dimuat. Antreannya banyak. Koran semakin selektif menerima naskah. Sehari itu bisa puluhan naskah yang masuk.

Awalnya 3 pekan sekali masih dimuat. Lalu 1 bulan sekali sampai berbulan-bulan lamanya. Sampai saya capek dan putus asa.

Peluangnya makin menipis karena banyak instansi yang menjalin kerjasama dengan koran sehingga mereka diberikan porsi yang lebih besar. Kalau ada tulisan instansi itu pasti dimuat.

Sederet Manfaat Rajin Menulis

Percaya deh, menulis itu banyak manfaatnya. Dari kumpulan tulisan di koran, saya membuatnya menjadi sebuah buku. Judulnya Guru untuk Indonesia. Sebuah pencapaian yang menjadi impian sejak lama.

Saya menulis banyak hal mulai dari opini, resensi, cerpen, dan puisi. 1 karya saya dimuat di koran nasional. 4 resensi buku dimuat di koran ibu kota. Puluhan opini saya dimuat di koran lokal.

Saya mendapat honor dari tulisan itu. Honornya bisa menutupi biaya transportasi dan jajan saya serta anak. Itu juga yang membuat saya rajin menulis di tengah-tengah kesibukan profesi saya sebagai guru. Ketika jarang dimuat lagi tentu saja saya kehilangan penghasilan tambahan. Ke mana lagi saya mencari penghasilan tambahan?

Sebuah Langkah Baru

Mulai Menulis di Media Online

Suatu ketika ada teman yang menawari untuk mengirimkan tulisan ke media online. Berbekal tulisan tak kunjung dimuat tadi –yang sudah kedaluarsa- saya lalu mengirimkan tulisan itu. Tak menunggu lama. Tiga hari kemudian tulisan saya dimuat. Ada honornya pula. Tentu saja saya ketagihan. Saya rajin mengirimkan lagi tulisan.

Sekarang saya tak lagi pusing kalau tulisan ingin dimuat di media massa. Tidak harus dicetak. Media online pun tidak apa-apa.  Yang penting tulisan saya dibaca orang. Agar ide, opini, dan kegelisahan saya tentang sesuatu hal bisa diketahui orang lain. Syukur-syukur ada manfaatnya. Mayoritas tema tulisan saya adalah pendidikan, sosial-budaya dan olahraga.

Tapi tak selalu tulisan saya diganjar honor, lho. Banyak juga yang tidak dibayar. Tapi sudah dimuat aja puas. Sudah nongol di koran itu bikin seneng.

Saya tak memungkiri bahwa motivasi menulis adalah untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Nggak salah kan motivasi ini? Kan halal?

Setelah sering dimuat di media online, saya jadi ketagihan. Kok bisa? Begini alasannya.  Beberapa Koran punya kebijakan honor tulisan harus diambil ke kantor redaksi. Jelas ini memakan waktu dan biaya transportasi. Padahal jaraknya jauh lho. Makanya kalau ambil honor biasanya dirapel. Kalau sudah banyak baru diambil. Supaya tidak besar biaya transport.

Kalau menulis di media online honornya ditransfer. Langsung masuk ke rekening. Kan jadi enak. Tak harus keluar uang buat transportasi. Tidak capek di perjalanan pula. Hmm, makin yakin deh nulis di media online.

Berbekal mengikuti komunitas penulis di media sosial, saya jadi tahu media-media yang menerima tulisan.

Merawat Blog. Asyik dan

Menghasilkan Cuan

Pada 2018 lalu saya ikut lomba blog. Sebetulnya sudah punya blog sejak 2007. Tapi 11 tahun tidak dirawat. Sampai blog saya ada sarang laba-labanya. Hanya bermodal percaya diri saya ikut lomba itu. Bahkan domain pun masih gratisan.

Karena persiapan seadanya, saya pun tak mendapat apa-apa. Jangankan tiga besar. Sepuluh besar pun tak masuk. Saya berada di urutan 72 dari 438 peserta. Walaupun tidak menang, lomba itu menjadi titik tolak saya serius menekuni dunia blog.

Bisa kenal dengan narablog yang kece-kece. Dapat ilmu banyak dari blog-blog mereka. Dengan ilmu ATM (amati, tiru, modifikasi) saya belajar cara menulis, tata bahasa, template atau tema blog, hingga desain grafis.

Lalu apakah ada perkembangan? Apa hasil yang didapat segera terlihat? Tentu tidak. Semuanya butuh proses. Di 2019 saya satu kali menang lomba. Juara 3. Tapi mendapatkan hadiah beberapa juta. Lalu di 2020 ini dapat 7 juara lomba blog. Salah satunya berhadiah laptop. Tapi percayalah jumlah yang kalah jauh lebih banyak. Hehe..

Sekian banyak keuntungan yang didapat dari ngeblog membuat saya semakin yakin untuk meraih sukses lewat internet.

Salah satu pengumuman lomba juara

Memanfaatkan Internet

Membentuk Personal Branding

Dalam banyak kesempatan pembina yayasan mengatakan seorang guru harus punya branding masing-masing. Baik itu guru disiplin, guru kreatif, guru inspiratif, guru literasi, dan lainnya. Branding itu bisa dicapai dengan pencapaian karakter lewat kebiasaan-kebiasaan.

Hampir tiap pekan sekali saya nangkring di media. Tentu tidak perlu susah payah mem-branding diri. Dengan sendirinya saya dikenal sebagai guru literasi atau guru penulis.

Oh iya, bisakah pembaca menebak saya mengajar mata pelajaran apa? Saya bukan guru bahasa Indonesia loh. Saya guru fisika merangkap mengajar matematika juga.

Lalu dari mana saya bisa menulis?

Kunci dari menulis adalah latihan. Dulu saya nggak bisa menulis. Tapi saya terus belajar. Dari internet banyak baca tulisan orang. Bacaan-bacaan itu mempengaruhi saya. Membuat saya termotivasi menulis. Tahu kata baku dan tidak baku serta kalimat efektif.

 Tulisan dulu banyak salah di sana-sini. Sekarang ini kalau baca tulisan saya yang dulu-dulu senyum-senyum sendiri. Kok bisa ya saya nulis seperti ini. Tapi karena sering diasah akhirnya bisa menulis. Inti dari skill menulis adalah latihan. Jam terbang sangat mempengaruhi.

Pelatih atau mentor dalam bidang apapun memang sangat perlu. Tapi kita pun bisa mempelajarinya secara otodidak. Internet merupakan sumber ilmu yang sangat luas.

Saya berlangganan dua tulisan di internet. Pertama, Wisnu Nugroho, pemimpin Kompas.com. Tulisannya rutin masuk ke email saya. Kedua, Dahlan Iskan lewat website-nya. Saya belajar banyak dari dua sosok ini. Tulisannya renyah, enak dibaca, mengalir, dan mampu mengaitkan dengan banyak hal di sekitar.

Di Masa Pandemi

Membuat Video Pembelajar Secara Mandiri

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah memberlakukan belajar dari rumah. Pembelajaran tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring.

Salah satu strategi pembelajaran daring adalah dengan menggunakan video pembelajaran. Ya, selama pandemi ini guru-guru akrab dengan video pembelajaran. Begitupun saya.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk editing video. Saya menggunakan Kinemaster. Pandemi membuat banyak rekor pecah telur. Baru tahun 2020 itu pula saya mengenal Kinemaster.

Saya mulai belajar membuat video pembelajaran secara otodidak. Belajar dari internet. Mencari tutorial di mesin pencari Google, atau tutorial di kanal  YouTube.

Awalnya memang sulit membuat video pembelajaran. Bisa memakan waktu 2 hingga 3 hari untuk 1 video pembelajaran yang berdurasi 10 hingga 20 menit. Luar biasa perjuangannya. Tapi saat sudah sudah terbiasa cukup 1 hari saja. Atau bahkan beberapa jam saja.

Malah kadang bisa selesai dalam belasan menit atau setengah jam. Untung ada internet. Saya bisa belajar membuat video pembelajaran secara otodidak. Saya orang yang percaya dengan jam terbang menentukan hasil.

Setelah mengalami kegagalan demi kegagalan, error demi error akhirnya mulai mahir. Berbagai video pembelajaran dengan beragam jenis saya buat. Mulai dari mudah, sedang, hingga susah. Total saya menghasilkan 23 video pembelajaran selama pandemi. Semuanya saya upload ke akun Youtube.

Saya pernah diminta untuk sharing dengan teman-teman guru untuk membuat video pembelajaran. Begitulah. Awalnya tidak tahu menjadi tahu. Bahkan bisa berbagi dengan yang lain.  

Proses pembuatan video pembelajaran

Bisnis dengan Internet

Proses Mudah, Profit Berlimpah

Usaha andalan keluarga

Untuk menopang perekonomian keluarga, kami membuka usaha Gerai Fasih. Menjual pakaian pria dan wanita, obat-obatan herbal, frozen, dan barang-barang rumah tangga. Berdiri sejak 2015 Gerai Fasih tetap eksis hingga kini. Sudah memiliki banyak reseller dan mengerjakan karyawan. Gerai Fasih terus berkembang. Sampai kemudian pandemi Covid-19 menerpa.

Sebelum pandemi kami bisa menambah freezer, menyetok barang-barang, dan selalu menambah reseller, tidak ketika pandemi begini. Pelanggan yang datang semakin sepi. Jumlah reseller mentok bahkan berkurang. Dan kami tak berani menambah stok barang.

Setelah mengalami berbagai penurunan pemasukan, karena pertimbangan besarnya operasional, satu mesin freezer dijual. Barang-barang pun banyak yang didiskon.

Oktober 2020 kami putar haluan. Saat ini kami fokus berbisnis minuman kesehatan. Bahkan pendirinya merupakan trainer top di Indonesia. Juga merupakan penulis banyak buku best seller. Salah satunya adalah buku 7 Keajaiban Rezeki. Sejak dulu saya pengen ketemu dengan penulis ini. Tapi biasanya tiket masuk di seminarnya mahal.

 

Pandemi juga memberikan banyak hikmah. Salah satunya saya dengan gampang ikut seminar penulis idola saya ini. Hampir tiap pekan di-coaching sama beliau. Bisnis jalan, ilmu menulis didapatkan.

Profit berlimpah dengan memanfaatkan WIFI (WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Internet). Usaha ini pun sudah menunjukkan hasilnya. Dalam satu pekan bisa profit satu juta. Punya 11 mitra dan omzet puluhan juta. Bisnis ini dijalankan dari rumah saja.

Bermodal smartphone, jaringan internet, dan jari jemari yang selalu postang posting. Paling jauh keluar ke agen pengiriman barang yang tak lebih dari 1 km jaraknya dari rumah.

Tak hanya tentang profit, di bisnis ini kami juga menambah skill yang mendukung bisnis. Apa aja? Penggunaan website untuk bisnis makin profesional, desain grafis dan editing video untuk mendukung amunisi marketing, kemampuan public speaking untuk daya gedor marketing, optimasi media sosial, mahir copywriting, dan lainnya. Semuanya itu dari rumah saja. Bener-bener, dah.

Hal yang sangat ditekankan di bisnis ini adalah untuk mendapatkan hasil terbaik maka lakukan usaha terbaik dengan pengorbanan terbaik pula. Tahu seperti apa usaha terbaik?

Inilah bisnis saya di masa pandemi ini. Dengan bantuan internet perkembangannya pesat

Coaching atau pembinaan di bisnis ini sering dilakukan pukul 03.00 pagi. Coaching dilakukan lewat zoom. Sebelum coaching semua peserta diminta shalat tahajud dulu. Berapa banyak yang ikut? Zoom yang bisa menampung 1000 peserta itu sudah penuh setengah jam sebelum acara mulai. Yang tidak kebagian pun terpaksa menyimak lewat Youtube. Begitulah usaha terbaik orang-orang di bisnis ini.

Omong-omong terbaik, salah satu sarana bisnis, website pun baiknya ditopang dengan teknologi terbaik. Yah, supaya hasilnya terbaik pula.

Qwords menjadi provider hosting Indonesia termurah terbaik dan termurah. Memilih hosting murah Qwords menjadi pilihan tepat. Ya, Qwords menjadi penyedia hosting termurah terbaik di Indonesia.

 Qwords.com berdiri sejak 2005. Perusahaan penyedia layanan domain dan hosting termurah di bawah PT Qwords Company International tak perlu diragukan lagi pengalaman dan layanannya.

Web Hosting sebagai core business dari Qwords.com memberikan banyak layanan untuk menunjang bisnis dan berbagai keperluan.

Qwords memberikan layanan Web Hosting & registrasi Nama Domain dengan kualitas premium dan harga terjangkau. Didukung oleh infrastruktur jaringan dan server berkualitas, handal, berstandar, serta SDM yang berpengalaman dalam industri Web Hosting.

Inilah Komplitnya Keunggulan Qwords

Hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk aktivasi layanan Hosting atau Nama Domain yang Anda pesan. Layanan dapat segera online, setelah konfirmasi pembayaran disetujui oleh tim billing.
Qwords memiliki Data Center Private di Jakarta. Qwords mengelola dan membangun Data Center agar dapat menjamin kualitas dan keamanan data pelanggan. Beberapa server Qwords lainnya juga diletakkan di Data Center partner untuk membangun jaringan yang lebih besar, serta sebagai backup & redundancy.
Qwords memiliki jaminan Uptime Network & Server diatas 99.99%. Hal ini dikarenakan konfigurasi kami yang tepat terhadap server serta selektif dalam mengklasifikasikan pelanggan.
Qwords menggunakan hardware kelas terbaik, seperti Dual Quad Core Xeon sebagai standar server yang digunakan.
Qwords menggunakan software yang stabil dan terbaru, untuk menjaga agar layanan kami tetap reliable dan selalu Up to Date.
Qwords menggunakan control panel cPanel untuk setiap akun Hosting yang disewa oleh pelanggan untuk memudahkan pelanggan mengelola akun hostingnya.
Qwords menggunakan sistem billing prorata. Apabila pelanggan ingin melakukan upgrade layanan Hosting yang disewa, maka hanya akan dihitung selisihnya saja.
Kami melakukan Backup secara otomatis menggunakan disk berkecepatan tinggi dengan sistem RAID Mirroring. Hasil backup tersebut diletakkan dalam Network Attached Storage (NAS). Sistem backup OFFSITE Cloud Web Hosting menggunakan metoda backup mingguan.

Ragam Pilihan Cloud Hosting Terbaik Qwords

√Gratis Domain √ Gratis SSL √ Ekonomis

Value Hybrid Performance merupakan paket Cloud Hosting Indonesia yang dirancang khusus untuk keperluan sederhana seperti UKM, toko online, blog, website sederhana, hingga email untuk penggunaan personal.

Pilihan tepat untuk pengguna baru website atau Anda yang baru terjun ke dalam industri/bisnis online. Storage sesuai kebutuhan, fleksibel, dan ekstra lega mulai 3 GB hingga 25 GB.

Harga mulai Rp.14.000/bulan

√Gratis Domain √ Gratis SSL √ Developer Friendly

Paket ini menjawab kebutuhan Anda yang menginginkan Cloud Hosting dengan performa tinggi. Paket High Performance Cloud Hosting ini dilengkapi dengan teknologi Ultrafast SSD dan Fitur keamanan ekstra serta terintegrasi di cPanel Hosting. Sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat website profesional.   Dengan penambahan Ekstra NodeJS dan Git Version Control membuat paket ini lebih Dev-friendly. Serta didukung Cloud Performa Addon (CPA) untuk menghasilkan performa terbaik pada Hosting Anda.
Harga Rp 75.000/ bulan

√Gratis Domain √ Gratis SSL √ Web Accelerator  √Kapasitas Besar

Paket Unlimited Hosting Indonesia yang dapat diandalkan, tanpa batasan! Free Domain & SSL Certificate dengan Uptime Server 99,99%. 

Didukung Website Builder dan Web Accelerator dengan Module LSAPI PRO + CRIU. Akses internasional ngebut, serta garansi 30 hari uang kembali.

Harga Rp 44.900/ bulan

√Gratis Domain √ Gratis SSL √ Web Accelerator  √Kapasitas B

Cloud Hosting Indonesia dengan performa tinggi & optimal untuk website profesional perusahaan, e-commerce, startup bisnis, serta sistem pembelajaran online (e-learning). Telah support Moodle, platform open source yang memudahkan sistem pembelajaran online.
Tak khawatir kehabisan resource email & kapasitas penyimpanan karena tersedia Unlimited Email Account & Full SSD Storage hingga 130GB. Website cepat diakses kapanpun dan di manapun. Bagi Anda yang ingin membangun Learning Management System, paket SMB mulai Rp 150 ribuan/bulan mampu menampung hingga 100 user. Sedangkan paket Enterprise mampu menampung kapasitas hingga 300 user. Harga Rp 150.000/ bulan

√ Gratis Domain WordPress Optimized Gratis 30 Hari*

 

Hosting khusus bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress. Dilengkapi CloudPop untuk kinerja WordPress yang optimal. WordPress Hosting Indonesia yang dioptimalkan dengan CloudPOP.
Harga Rp 50.000/ bulan

24 Jam Siap Melayani Pelanggan

Membuat dan mengelola website serta perlengkapan bisnis lainnya itu gampang-gampang susah. Bagi pemula tentu tidak mudah. Tapi untungnya
Technical Support & Customer Service Qwords siap membantu kita. Nggak tanggung-tanggung. Layanannya selama 24 jam melalui layanan terpadu Live chat, Call Center, dan Support Ticket.

Tentu ini memanjakan pelanggan. Berbagai kesulitan pembelian layanan hosting, web, dan lainnya bisa dengan mudah dikonsultasikan. Sehingga tak mengherankan jika Qwords menjadi penyedia cloud web hosting terbaik dan termurah di Indonesia.

Bahkan, Qwords sebagai Cloud Web Hosting Indonesia dengan pelayanan terbaik dan harganya murah ini memberikan garansi 30 hari uang kembali jika pelanggan tak puas dengan layanannya.

Penutup.

Internet merupakan alat. Alat ini sifatnya mempercepat kerja. Kesuksesan akan lebih cepat diraih dengan alat yang bernama internet ini. Sudah banyak sosok-sosok yang berhasil sukses lewat internet. Tidak tertarikkah kita mengikuti mereka yang sudah lebih dulu sukses?

 

Setiap kesempatan yang datang kudu dimanfaatkan dengan baik. Bukan tidak mungkin kita bisa makin sukses lewat internet ini. Qwords siap membantu kita menuju kesuksesan lewat internet. Sudah siap?

#OnlineinAja #LangkahBaru #LombaBlogQwords.