Pilih Laman

Memilih Laptop Mobile Workstation untuk Kembangkan Karir dan Bisnis

Seorang teman saya yang seorang operator sekolah mengeluhkan laptopnya yang sudah sekarat karena sering dipakai kerja paksa. Saya heran, padahal, pekerjaannya tidak berat amat. Hanya memproses dan menginput data berbentuk Word atau Excel lalu menguploadnya ke internet.

Belum sampai ke desain grafis maupun video. Hanya saja, durasi kerjanya memang lama. Bisa sampai lembur tengah malam untuk bisa mengakses website tempat mengirim file-nya.

Pekerjaannya seperti ini sudah lama dilakoninya. Katanya, dua sudah menghabiskan dua laptop selama ini.

Nah, ke dia saya sarankan agar punya laptop dengan spek tinggi. Biar sekalian awet. Saya bilang dia harus punya laptop workstation. “Spesifikasinya tinggi, aman dan terjamin awet buat kerja paksa,” saya jawab begitu.

Daripada harus gonta-ganti laptop karena tidak mumpuni, pada akhirnya pengeluaran lebih besar. Jadi enak beli yang sekaligus awet. Bisa dipakai selamanya.

Dalam Bahasa Jawa ada istilah ‘ono bondo ono rego’ yang artinya ada barang bagus, ada harga yang lumayan. Gonta-ganti laptop bukan saja membuat pengeluaran lebih besar. Tapi juga membuat kita makan hati dan uring-uringan saat laptop ngadat atau sekarat.

Nah, untuk memenuhi kerja berat itu, sejak dulu saya memilih laptop berspek tinggi.

 

Di samping menjadi guru sebagai profesi utama, saya punya usaha spanduk digital. usaha ini sangat lumayan menghasilkan cuan. Saya sudah menjalankan usaha sejak 2014 lalu. Jadi sekarang jalan 7 tahun. Tapi saya sudah ngoprek sejak tahun 2007.

Karir atau bisnis? Jangan dibenturkan. Kalau bisa jalan bareng, kenapa tidak? Kalau bisa pilih 2 pilihan kenapa harus satu? Hehe..

Zaman sekarang spanduk sudah beralih ke spanduk digital. Orang perlu membuat spanduk digital untuk ucapan selamat, peringatan hari nasional atau hari besar agama, dan promosi.

Jadi bisa dibilang usaha percetakan spanduk ini nggak akan sepi. Sepanjang ada kegiatan maka spanduk digital dibutuhkan.

 

Di mana-mana percetakan digital selalu rame. Keuntungannya besar. Memang keuntungannya lebih besar kalau punya percetakan digital sendiri. Tapi untuk mendirikan percetakan digital butuh modal yang besar. Bisa hampir Rp. 500 juta untuk mesinnya saja. Bisa lebih dari 1 miliar untuk lengkap mesin, bangunan, dan karyawannya.

Untuk menghemat biaya kita bisa menjadi tangan kedua. Kita membuka usaha percetakan digital tapi cetaknya di tempat orang lain.

Caranya gimana? Gampang. Datang saja ke percetakan, daftarkan nama percetakan kita, dan tanya kalau untuk percetakan dapat harga berapa. Dari sana kita ambil selisih harga bahan dan jasa desaiannya.

Percetakan saya namanya Delta Grafika. Saya bekerja sama dengan dengan Percetakan Simetris Digital. Dapat harga Rp. 18.000 per meter. Saya menjual ke konsumen dengan harga Rp. 30.000 per meter. Jadi selisihnya Rp. 12.000.

Kan lumayan juga untungnya. Di tahun ajaran baru sekolah yang lalu saya berhasil mendapat pesanan sampai dengan 20 meter. Total keuntungan dapat Rp. 240.000.

Dari sebuah partai politik dapat pesanan 40 meter. Jadi saya dapat keuntungan Rp. 480.000. Pernah juga saya dapat pesanan 2 meter. Jadi keuntungannya Rp. 24.000. Sedikit atau banyak tetap diambil. Namanya juga rezeki. Harus disyukuri.

Untuk membuat spanduk saya menggunakan CorelDraw. Saya belajar CorelDraw sejak 2007 lalu. Saya belajar secara otodidak. Dari internet dan bertanya ke teman. Bahkan saat ke percetakan digital dikasih tahu hal-hal seputar spanduk digital seperti format CMYK, ukuran file, skala desain, dan lainnya.

Kalau sudah langganan mereka akan percaya sama kita. Bahkan cukup dikirim via email saja. Jadi ke percetakannya saat ambil sanduk jadinya saja. Cepat kok jadinya. Kadang bisa setengah jam sudah selesai.

Pada musim-musim tertentu malah saya ‘panen’. Biasanya di ulang tahun partai, kabupaten, provinsi, atau HUT RI. Terus pas tahun ajaran baru yang mana sekolah banyak membuat spanduk promosi.

Apalagi kita kan punya banyak perayaan hari-hari negara. Ini jadi kesempatan besar. Kuncinya harus banyak relasi. Kemudian kita promosi usaha kita. Semakin banyak relasi, kita semakin dikenal. Semakin besar pula peluang mendapatkan cuan.

Banyak orang membuat ingin membuat spanduk digital untuk peringatan hari nasional, hari besar agama, dan lainnya. Untuk dipasang di media sosial mereka. Biasanya tokoh-tokoh seperti anggota dewan, pimpinan lembaga, atau orang yang sedang mempromosikan dirinya.

Karir dan usaha bisa sejalan. Tidak harus berbenturan atau bertentangan. Kalau bisa jalankan keduanya, itu lebih baik.

Lama pengerjaan desain beda-beda. Tergantung tingkat kesulitannya. Kalau sulit bisa saya kerjakan dalam 2-3 hari. Kalau desainnya mudah bisa 1 – 2 jam. Kadang saya kerjakan di sekolah. Kalau tidak selesai, saya bawa ke rumah. Kadang saya membutuhkan suasana yang lebih fresh dan tenang.

Kalau seperti ini, saya biasanya ke kafe atau warung kopi. Sering pula saya bertahan lebih lama di sekolah. Guru lain sudah pulang, saya belum. Pulang sampai sore atau menjelang malam. Apa saya merasa capek? Nggak. Mungkin ini yang namanya passion.

Walaupun seperti capek tapi enjoy menjalani. Memang agak aneh kalau sudah mengoprek atau mendesain. Bisa sampai larut malam bahkan dini hari. Tanpa ngantuk ngerjainnya. Padahal, kalau mengerjakan aktivitas lain, cepat mengantuk. Begitu.

Saya mengerjakan orderan di sela-sela mengajar. Kalau sedang ada jam kosong saya pakai untuk mengerjakan orderan. Kalau sedang tidak ada orderan, saya pakai untuk mencari ide desain.

Memilih Laptop Mobile Workstation

 

Pembaca, dalam sehari, kira-kira berapa lama di depan laptop? Cukup 2 hingga 4 jam? Atau membutuhkan lebih dari 5 jam dalam sehari? Sering banget ya kita mengerjakan sebuah pekerjaan dalam waktu lama. Bukan cuma itu, kita juga membutuhkan perangkat yang berperforma tinggi untuk mengerjakan pekerjaan itu.

Nah, kalau pembaca termasuk yang harus sering di depan laptop, ada baiknya memilih senjata yang mumpuni pula. Saat ini laptop mobile workstation menjadi pilihan tepat.

Saat ini, laptop sudah menjadi kebutuhan utama untuk menunjang pekerjaan, tugas, karir, bahkan hobi. Pada umum kebutuhan terhadap laptop disesuaikan dua keperluan. Pilihannya laptop standar atau workstation.

Apa itu laptop workstation? Laptop mobile workstation merupakan laptop yang dirancang untuk aktivitas yang membutuhkan performa tinggi. Laptop workstation memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk keperluan semua pekerjaan berat sekalipun.

Umumnya workstation menggunakan prosesor 64 bit bisa Intel Xeon atau AMD Opteron. Malahan, beberapa workstation menggunakan lebih dari satu prosesor. Bagaimana dengan penyimpanannya?

Untuk ruang penyimpanannya, workstation sudah menggunakan SSD yang kinerjanya pasti lebih cepat dari hardisk biasa. Ada beberapa workstation yang menggunakan perangkat yang berbeda dari komputer biasanya seperti fibre channel, SCSI, Ethernet 10GB dan lainnya.

 

Karakter Laptop Mobile Workstation

Workstation dibuat untuk bisa ‘kerja paksa’. Hehe..Sangat mumpuni untuk kerja yang berat, proses cepat atau durasi waktu lama. Workstation memiliki spesifikasi yang tinggi. Memiliki performa di atas laptop pada umumnya mulai dari prosesor, RAM, SSD dan hardware pendukung rendering video lainna.

Spesifikasi tinggi workstation sangat worth it untuk desain grafis, memproduksi video, atau pekerjaan berat lainnya.

Workstation menggunakan kartu grafis yang berdiri sendiri atau discrete graphics. Harus disertifikasi oleh Independent Software Vendor (ISV). Sangat berbeda dengan kartu grafis biasa yang digunakan di perangkat standard.

Kartu grafis profesional di workstation menghadirkan visualiasi yang maksimal. Kemampuan seperti ini tidak tersedia di versi standard.

Dari segi tampilan laptop mobile workstation punya layar yang lebih lebar. Laptop pada umumnya punya ukuran layar 11” hingga 14 “. Jika dibanding dengan laptop mobile workstation yang punya ukuran layar 15” hingga 17” resolusi maksimal mencapai 4K serta mendukung tampilan 8K dan HDR.  Tentu saja laptop mobile workstation lebih terdepan. Layar yang lebar ini sangat mendukung pekerjaan yang membutuhkan durasi penggunaan yang lebih lama.

HP ZBook Create Notebook

Salah satu laptop workstation terbaik adalah HP ZBook Create Notebook sebagai laptop standar baru untuk kreator sejati.

Memiliki berbagai keunggulan yang bakal memuluskan karir dan bisnis kita. Lihat saja spesifikasinya yang membuat kita yakin nyaman, aman, dan puas memakainya.

Kartu Grafis NVIDIA® GeForce® RTX Terbaik

HP ZBook Create Notebook memiliki visualisasi tingkat tinggi dan render proyek rumit tanpa hambatan dengan grafis NVIDIA® GeForce® RTX generasi berikutnya.

Selain itu, arsitektur NVIDIA® Turing™ terbaru dengan teknologi ray tracing terobosan menghadirkan gaming mendatang dengan realisme dan performa yang luar biasa.

 

Intel® Core™ i9

Prosesor Intel Core menawarkan kinerja terbaik dalam hal multi-tasking dan multimedia. Tidak main-main, HP ZBook Create NoteBook yang diperuntukkan laptop dengan kemampuan multitugas dipasangi dengan prosesor Intel® Core™ i9 generasi berikutnya2 yang dirancang untuk menangani aplikasi rumit yang sangat berat, seperti Adobe Premiere Pro®.

Kebutuhan desain grafis dan pemrosesan video yang berat pun bisa dieksekusi dengan nyaman.  

 

Memori 32 GB

Prosesor Intel Core menawarkan kinerja terbaik dalam hal multi-tasking dan multimedia. Tidak main-main, HP ZBook Create NoteBook yang sesuai dengan para konten kreator ini punya memori pemimpinan RAM hingga 32 GB agar dapat melakukan rendering, pengeditan, dan simulasi dengan cepat.

Penyimpanan Hingga 2 TB

Performa sangat cepat melalui beberapa tugas dan menggunakan drive eksternal dengan penyimpanan NVMe lokal hingga 2 TB.

Sistem Pendingin Yang Paling Optimal, Membuat Kerja

Semakin Andal

Dilengkapi dengan sistem HP Vaporforce Thermals yang menghadirkan performa optimal dengan 3 sistem kerja.

Ruang Uap

Ruang uap mengeluarkan cairan, sehingga membantu perpindahan panas dari GPU dan CPU dan mendistribusikannya ke seluruh ruang untuk pendinginan yang lebih optimal

Kipas dan Ventilasi

Dengan kipas polimer kristal-cair setipis pisau dan ventilasi 3 sisi, solusi pendinginan kami memberikan performa terbaik hingga saat ini.

Inovasi Bios

Inovasi tingkat BIOS mendeteksi dan mendistribusikan daya ke komponen yang relevan sesuai dengan aplikasi yang sedang digunakan agar konsumsi dan distribusi daya lebih efisien.

Rasakan pengalaman bekerja dan berkreasi secara nyaman dengan kubah karet yang tidak berisik dan braket anti-goyah.

HP ZBook Create Notebook memiliki akurasi warna untuk menyesuaikan
standar tertinggi. Hitam lebih pekat, putih lebih cerah. Presisi warna spektrum penuh.

Dengan berbagai performa dan fiturnya, HP ZBook Create NoteBook laptop desain terbaik ini menjadi satu perangkat yang sempurna untuk bekerja dan bermain. Pastinya mengerjakan hobi, bisnis, karier dan bermain pun semakin mengesankan.

Kemajuan teknologi sangat memungkinkan kita untuk mengambangkan karir dan bisnis. Bahkan saat ini banyak orang yang punya lebih dari satu bisnis. Hal ini sah-sah saja dan bisa berjalan beriringan. Karir melaju, bisnis terus bertumbuh.

Perangkat teknologi sangat mendukung untuk kesuksesan. Performa laptop mobile workstation membuat pekerjaan yang rumit sekalipun menjadi ringan.  HP ZBook Create G7 Notebook PC dengan    10th Generation Intel® Core™ i7 processor Windows 10 Pro 64 dapat kita miliki dengan Rp44.200.000. Dengan kehebatannya dan bayangkan mudahnya pekerjaan kita dapat diselesaikan dengannya, harganya cukup pantas.

Terdapat juga pilihan lain, HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation yang dapat dipinang dengan Rp 26.850.000.  HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation ini dilengkapi dengan 11th Generation Intel® Core™ i7 processor, Windows 10 Pro 64, 16 GB DDR4-3200 MHz RAM (1 x 16 GB), 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD, Intel® Iris® Xᵉ Graphics, dan NVIDIA® T500 (4 GB GDDR6 dedicated).

HP ZBook Power G7 Mobile Workstation dengan spesifikasi 10th Generation Intel® Core™ i7 processor, Windows 10 Home Single Language 64 – HP recommends Windows 10 Pro for business, 16 GB DDR4-3200 SDRAM (1 x 16 GB) 1 TB PCIe® NVMe™ SSD, dan NVIDIA® Quadro® T1000 w yang dibanderol seharga Rp 27.225.000.

Tersedia pula pilihan PC workstation HP generasi Z yang memiliki kecanggihan hingga masa depan. Sangat mumpuni optimal untuk simulasi, pengeditan video 8K, dan Machine Learning yang kompleks.

Kebutuhan yang sangat penting didukung dengan peralatan yang sepadan. Akselerasikan karir dan bisnis dengan piranti yang memuaskan layaknya laptop mobile workstation.

Pilihan ini memberikan probabilitas sukses yang semakin besar. Kesuksesan ada di tangan kita sendiri. Dan, sebagian besarnya ditentukan oleh keberanian memilih. (*)