Pilih Laman

5 Langkah Meningkatkan Imun

di Masa Pandemi

Imunitas tubuh sangat penting. Ibarat benteng yang dapat mempertahankan tubuh dari serangan virus termasuk Covid-19. Bagaimana cara meningkatkan imunitas? Apa peran Berto ImunKu sebagai imunomodulator?

Seorang sahabat membuat saya terheran-heran. Saat sekeluarga (ayah dan ibunya) dirawat di rumah sakit karena positif Covid-19, dia malah tidak menunjukkan gejala Covid-19. Padahal, dia pula yang membawa orangtuanya ke rumah sakit. Idealnya orangtuanya dijemput oleh satgas Covid-19. Namun, saat itu satgas sedang sibuk-sibuknya. Jadi tidak bisa menjemput.

Tidak mau nunggu lama, sahabat saya mengantarkan orangtuanya ke rumah sakit. Mereka berada dalam satu mobil. Bahkan berhari-hari kemudian dia juga yang mengurus orangtuanya seperti mengirim obat atau makanan. Sampai kedua orangtuanya sembuh, dia tetap negatif meskipun sudah menjalani tes usap atau swab berkali-kali. Apa rahasianya?

“Saya sadar bahwa saya harus merawat kedua orang tua saya. Jadi, saya harus sehat. Caranya? Tingkatkan selalu menjaga pikiran, berpikir positif, dan menjaga imun.”

Begitu katanya saat saya tanya rahasia terhindar dari Covid-19. Padahal, sangat riskan berada di sekitar orang yang positif Covid-19.

Jadi memang pikiran dan imun menjadi hal urgen yang dapat mencegah penularan Covid-19. Lebih lanjut, teman saya bilang selama mengurus orangtuanya dia mematikan media sosial.

“Lebih banyak berita negatifnya daripada berita positif. Biar pikiran kita terjaga dari hal negatif,” katanya.

Nah, kalau untuk menjaga imun, dia sering minum minuman herbal. Misalnya madu dan jahe merah. Itulah rahasia dia terbebas dari virus Covid-19. Virus yang menyebabkan pandemi selama hampir dua tahun ini.

Menjaga imun merupakan cara yang tepat untuk sehat bahkan terhindar dari berbagai penyakit termasuk Covid-19.  Berbagai penyakit pada umumnya menyerang tubuh yang sedang lemah imunitasnya. Lalu, bagaimana cara menaikkan imun secara alami?

Langkah 1

Menjaga Pikiran Agar Tetap Tenang dan Berpikir Positif

“Kegelisahan adalah separuh dari penyakit. Ketenangan adalah separuh dari obat. Dan kesabaran adalah awal dari kesembuhan” Ibnu Sina.

Latihnya pikiran agar terus berpikir tenang. Hidup mungkin banyak tantangan dan masalah. Saat ini hidup kita dihantui virus Covid-19. Tapi yakinlah kalau semua tantangan itu akan terselesaikan. Yakinlah bahwa Covid-19 akan hilang. Tuhan pasti memberikan obat dan jalan keluar.

Kita juga bisa melatih berpikir positif dengan cara memperbanyak syukur kepada Tuhan. Syukuri apapun keadaan kita sekarang ini. Yakinlah bahwa hidup kita punya banyak kelebihan dari apa yang dialami orang lain.

 

Misalnya, kita berpikir bahwa saat ini kita masih bisa bekerja dari rumah dan mendapatkan gaji. Bandingkan dengan orang lain yang harus tetap keluar mencari nafkah walaupun dalam kondisi pandemi. misalnya pemulung yang harus menyusuri jalan mencari botol bekas atau kardus yang dijual Rp. 2.000 per kg. Dibanding mereka, maka kita jauh lebih beruntung. Orang tua mengajarkan “Lihatlah orang yang di bawahmu dalam urusan dunia”. Hal ini supaya menimbulkan rasa syukur.

 

Menjaga pikiran positif bisa juga dengan mendengarkan ceramah, motivasi, dan nonton film yang meningkatkan semangat.  Bisa juga dengan memilih tema-tema lucu. Untuk hal ini, saya sering mendengarkan ceramah KH Anwar Zahid yang lucu namun tetap punya pesan-pesan moral dan agama. Dengan mendengarkan ceramah yang lucu kita terjaga untuk tetap bahagia.

Langkah 2

Makan Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Menjaga makan dengan sehat dan seimbang sangat baik untuk tubuh. Saat makan usahakan tercukupi kebutuhan gizi di antaranya karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Penerapan pola makan yang sehat dan seimbang membuat tubuh tetap berada dalam keadaan prima.

Cara mudahnya saat makan harus ada sayur dan buah-buahan. Tidak harus mahal lho. Bahkan dengan Rp. 5000 sudah dapat sayur yang bergizi. Sudah dapat mengenyangkan, dapat sehat pula. Atau bisa juga dengan mengonsumsi tempe yang banyak mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Tidak hanya komposisi makanan, waktu makan juga harus diperhatikan. Normalnya makan tiga kali sehari. Waktunya bisa pagi, siang, dan sore. Di rumah saya biasanya dihindari makan malam. Kalau bisa hindari tidur dalam kondisi perut kenyang.

Langkah 3

Rutin Berolahraga

Olah raga merupakan cara mudah untuk sehat dan bugar. Olahraga dapat membuat detak jantung meningkat, memperlancar metabolisme, dan membuat tubuh banyak berkeringat. Hal ini sangat bagus untuk tubuh kita. Lakukan olahraga secara teratur untuk tetap sehat.

Tidak usah lama-lama. Durasi setengah jam atau satu jam per hari sudah cukup. Kita bisa lakukan olahraga ringan seperti senam atau joging. Keduanya tidak membutuhkan biaya mahal. Atau kalau Anda merasa kurang punya waktu, ingin lebih privasi dalam berolahraga, bisa menggunakan perlengkapan olahraga di rumah. Menggunakan treadmill misalnya.

Langkah 4

Istirahat Yang Cukup dan Tidur Berkualitas

Tubuh kita juga butuh waktu istirahat yang cukup. Berikanlah tubuh untuk beristirahat dengan cukup. Usahakan tidur minimal selama 7 jam. Kurangi begadang. Selain itu, tidurlah berkualitas. Tandanya adalah tidur yang nyenyak. Tidur berkualitas akan membantu restrukturisasi sel-sel tubuh sehingga dapat meningkatkan daya ingat, mengakibatkan banyak kreativitas yang muncul, dan menghindari stress.

Usahakan tidur tanpa ada gangguan. Hindari penggunaan smartphone di kamar tidur yang bakal mengganggu kualitas tidur. Kurangi screen time yang akan membuat kita susah tidur. Jadikan kamar tidur sebagai area terlarang bagi smartphone.

Sebanyak 35 persen orang dewasa mengalami susah tidur. Banyak penyebabnya. Salah satunya stress memikirkan pekerjaan. Nah, sebisa mungkin hindari stress ini. Pikirkan pekerjaan sesuai pada waktunya. Kalau sudah waktunya istirahat, jangan pikirkan pekerjaan itu.  

Langkah 5

Mengonsumsi Herbal

Di awal pandemi, keluarga saya sering mengkonsumsi wedang uwuh. Dengan komposisi rimpang jahe, serutan kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala. Kadang juga mengonsumsi jamu. Menunggu tukang jamu yang lewat depan rumah. Namun, masalah datang kalau tukang jamu tidak lewat.

Minuman herbal dipercaya membantu meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh. Bisa menghangatkan badan menjaga daya tahan sehingga meningkatkan imun. Sehat juga agar meningkatkan imun sehingga terhindar dari virus.

Kami memanfaatkan lahan depan rumah ditanami beberapa tanaman rempah seperti jahe, kencur, kunyit, dan lainnya. Namun tidak bisa bertahan lama karena harus nunggu cukup umur panen.  Selain itu ya lumayan ribet. Membuatnya harus melalui beberapa tahap. Panen, dibersihkan, ditumbuk,  direbus dalam air  panas, disaring, lalu disajikan.

Sekarang ini mendapatkan khasiat minuman herbal tidak lagi sulit karena ada Berto ImunKu yang dapat memperkuat antibodi dalam tubuh.

Sekarang ini mendapatkan khasiat minuman herbal tidak lagi sulit karena ada Berto ImunKu yang dapat memperkuat antibodi dalam tubuh.

Dengan komposisi terdiri dari kunir, temulawak, daun meniran, dan asem jawa banyak khasiat yang diberikan Berto ImunKu.

Berto ImunKu merupakan salah satu produk yang dipersembahkan PT Martina Berto, Tbk., salah satu unit bisnis dari Martha Tilaar Group yang dikenal sebagai produsen terkemuka produk natural beauty dan herbal.

Sejak awal berdiri PT Martina Berto, Tbk telah berkomitmen untuk memanfaatkan kekayaan alam asli Indonesia. Produk Berto ImunKu juga menggunakan kekayaam alam asli Nusantara.

PT Martina Berto, Tbk percaya bahwa kebaikan alam menyediakan solusi bagi hidup sehat alami. Melalui inovasi dan research, dari bio-prospecting, budidaya bibit pilihan oleh petani binaan, proses manufacturing yang modern untuk menghasilkan produk super yang dapat melindungi seluruh keluarga.

Seperti kita ketahui, klaster keluarga juga patut dijaga karena penularan Covid-19 lewat klaster ini sangat massif. Jika satu anggota keluarga positif Covid-19, sangat berpotensi menular pada anggota keluarga lainnya.

Mengonsumsi Berto ImunKu merupakan cara menaikkan imun ditubuh kita.

Dengan antibody yang kuat dalam tubuh akan memerangi kuman dan virus yang masuk ke tubuh kita. Antibody yang kuat membentengi tubuh, membuat kita tidak mudah sakit.

Kandungan Berto Imunku dan Manfaatnya

Meniran (Phyllanthus niruri), dimanfaatkan sebagai immunomodulator, antiviral, antibakterial, antiinflamasi. Efek immunomodulator pada meniran dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (preventif) dan mempercepat pemulihan dari penyakit (kuratif). 

Jahe (Zingiberis officinale), memberikan sensasi hangat pada tubuh yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pernafasan dan gangguan pencernaan. Jahe memiliki aktivitas immunomodulator yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Kunyit (Curcumae domestica), memiliki manfaat sebagai analgesik, antioksidan, antimikroba dan aktivitas antiviral. 

Kencur (Kaempferiae galangae), memiiki efek antibakterial, antioksidan dan antiinflamasi. Minyak atsirih pada Kencur dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Temulawak (Curcumae xanthorrhizae), banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak dan gangguan gastrointestinal. 

Madu (Mel Depuratum), sebagai pemanis alami. Madu mengaktifkan sel imunitas tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. 

Varian Berto ImunKu tersedia dalam 3 varian, 1 varian untuk konsumsi dewasa dan 2 varian Berto ImunKu Junior dengan rasa Jeruk dan Strawberry untuk anak-anak. Dengan harga jual RP 18.000/box, Berto ImunKu tersedia di Martha Tilaar Shop (MTS) seluruh Indonesia dan juga bisa dibeli online di Shopee, Lazada, Tokopedia, dan MTOS.

Seperti semua produk-produk PT Martina Berto,Tbk lainnya, Berto ImunKu telah melalui uji efikasi dan safety baik di Martha Tilaar Innovation Center (MTIC) maupun laboratorium independen terakreditasi.

Beragam Keunggulan Berto ImunKu

Mengonsumsi Berto Imunku sangat enak, praktis, dan alami dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Praktis karena tidak perlu ribet mengumpulkan dan menyeduh berbagai tanaman herbal untuk diminum.

Bandingkan dengan membuat sendiri minuman herbal yang pasti butuh waktu, ribet, dan banyak menghabiskan waktu. Belum lagi ampas yang disisakan oleh minuman herbal itu. Nah, Berto Imunku tanpa ampas. Jadi sangat praktis pula penyajiannya.

Cara konsumsi yang mudah. Dengan cara pemakaian sebagai berikut. Minum 1 sachet langsung atau dicampur ½ gelas air hangat, 3 kali sehari. Kocok dahulu sebelum digunakan.

Harga Terjangkau

Satu kota Berto Imunku Berisi 5 Sachet dengan masing-masing sachet netto 15 ml bisa didapat dengan harga Rp. 15.880 di toko online Shopee. Banyak pula harga di bawah Rp. 20.000 yang juga bisa didapatkan di apotek terdekat. Minuman herbal yang bisa gercep jaga imun ini juga sudah mendapatkan sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan terdaftar di Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga, tidak ada keraguan lagi buat mengonsumsinya.

Ayo Konsumsi Berto ImunKu Yang Gercep Bikin Imun On Terus

Berto Imunku pilihan tepat untuk Booster Imun. Karakteristik Berto Imunku adalah imunomodulator. Apa itu imunomodulator? Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun terhadap antigen dari dalam maupun luar tubuh atau benda asing yang mengancam kesehatan.

Dengan 3 aksi Mengaktifkan, Memperbaiki, dan Meningkatkan untuk menjaga daya tahan tubuh setiap hari.

Berto ImunKu dengan formula herbal asli Indonesia diproses dengan teknologi modern dan higienis bermanfaat membantu memelihara daya tahan tubuh.

Diproduksi oleh PT Martina Berto Tbk sebagai salah satu unit bisnis dari Martha Tilaar Group yang telah berkiprah selama 51 tahun pada tanggal 4 September 2021.

Sebuah pencapaian yang sangat terpercaya ini sehingga produknya pun terpercaya pula.

Dengan 3 action Berto Imunku yaitu mengaktifkan, memperbaiki dan meningkatkan imun tubuh kita jaga diri dan keluarga serta bangsa dari Covid-19.

Dan ayo berdoa semoga Covid-19 segera hilang dari bumi. Aamiin