Pilih Laman

Fortune Indonesia Summit 2022,

Tumbuhkan Optimisme Bangsa

Sebuah perubahan dimulai dari kemauan. Keadaan tidak selalu sama karena bisa kita ubah. Misalnya saat ini kita merupakan fresh graduation yang sedang tidak punya kegiatan (baca: belum bekerja). Jika ada kemauan untuk mendapatkan kerja kita pasti bisa mendapatkan pekerjaan. Mulailah buka mata dan telingan mencari peluang pekerjaan. Tidak lupa siapkan lamaran pekerjaan yang bakal memberikan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kita. Percayalah hanya tinggal menunggu waktu untuk punya pekerjaan.

Atau jika tidak mencari kerja, bisa membuka usaha bahkan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Peluang itu pasti ada. Sekecil apapun modal yang kita punyai bisa dimaksimalkan untuk sukses. Modal tidak harus dalam bentuk uang atau benda fisik lainnya.

Bahkan nilai-nilai karakter bisa jadi modal untuk sukses. Banyak pula yang yakin bahwa karakter itulah yang sangat menentukan kesuksesan seseorang. Seperti yang diyakini oleh CEO Sintesa Group, Shinta Widjaja Kamdani menyatakan banyak nilai positif dari kedua orang tuanya yang dijadikannya dasar meraih kesuksesan.

Shinta Kamdani berbagi inspirasi pada Fortune Indonesia Summit 2022 (Sumber foto: Fortune Indonesia)

Shinta menguak rahasia kesuksesan itu dalam sesi ‘Women in The Workplace’ pada Fortune Indonesia Summit 202,  Kamis (19/5). Nilai-nilai positif yang selalu diajarkan orangtuanya menjadi bekalnya saat memimpin Sintesa Group.

Sosok yang juga Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) menyebut ada beberapa nilai-nilai keluarga yang ditanamkan dan menyertainya ketika diajak orang tuanya terjun ke dunia bisnis sejak usia belia. Apa saja nilai-nilai itu?

Pertama, jangan lupa berpijak di atas ‘bumi’. Dia selalu diingatkan untuk selalu menyadari bahwa ada masyarakat yang kurang beruntung, sekalipun dirinya berada dalam kondisi sosial ekonomi yang relatif baik. “Don’t take life for granted. Hargai semua yang kita miliki, jadi independen dan harus bisa melihat bahwa hidup itu tidak selalu manis,” kata Shinta.

Kedua, hidup bersinergi. “Jadi, jangan memperhatikan yang di sekitar kita aja. Kamu harus lihat tuh di lingkungan seperti apa,” katanya. Sejak kecil Shinta bekerja dengan perimbangan kegiatan sosial. Ini membuatnya terus meningkatkan empati dan komunikasi baik dalam komunitas di mana ia berada.

Ketiga, jangan lupa asal-usul. Shinta mengatakan keluarga itu sangat penting, namun kita juga perlu menyadari latar belakang kehidupan yang kita jalani, khususnya asal muasal kita.

“Mungkin, kita sebagai warga negara Indonesia juga punya nasionalisme. Karena kita sudah terbiasa tahu kita itu berasal dari mana,” ujar Shinta. Bagaimana pun keadaan kita cobalah untuk melihat sisi positifnya. Pedulilah pada karakter yang belum tentu dimiliki orang lain.

Rahasia kesuksesan CEO Sintesa Group itu disampaikan dalam kegiatan FORTUNE Indonesia Summit 2022 pada 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh FORTUNE Indonesia ini mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth. Topik yang akan diangkat pun sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Seluruhnya akan dirangkum dalam belasan sesi talkshow serta puluhan pembicara inspiratif.

FORTUNE Indonesia Summit akan menjadi platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia. Dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022 juga akan diselenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40

Kontribusi Perempuan Dalam Bisnis

FORTUNE Summit 2022 juga mengupas peran perempuan dalam dunia bisnis. Indonesia merupakan basis pengusaha perempuan terbesar di dunia. Bank Indonesia mencatat lebih dari 60 persen dari total 57,83 juta UMKM dijalankan oleh pengusaha perempuan.

Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja, mengatakan Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan kelompok perempuan pengusaha. Kata dia, perempuan memiliki peran ganda. Selain mengelola pekerjaan rumah tangga atau domestik, juga memiliki peran membantu penghasilan sambil mengembangkan diri seluas-luasnya.

Parwati Surjaudaja Presiden Direktur PT OCBC NISP, Tbk di Fortune Indonesia Summit 2022, Kamis (19/5).

“Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan kelompok pengusaha perempuan agar dapat terus mengembangkan usaha dan mengambil peran yang lebih besar untuk berkontribusi pada ekonomi, sosial dan lingkungan,” katanya pada sesi Women in the Workplace dalam Fortune Indonesia Summit 2022 di The Westin, Jakarta, Kamis (19/5).

Prempuan dinilai lebih disiplin dan hati-hati selama pandemi, sehingga usaha yang dikelola perempuan diyakini lebih bisa menghadapi perubahan.

Sukses dengan Media Sosial 

Talkshow yang juga paling ditunggu-tunggu di hari kedua adalah sesi ‘The Future of Media’. Talkshow ini diisi oleh narasumber Managing Director EMTEK Sutanto Hartono, CEO IDN Media Winston Utomo, serta Artis dan Chairman RANS Entertainment Raffi Ahmad.  Sesi itu mengupas bahwa media sosial bisa menjadi sebuah jembatan untuk memperpanjang usia karier seorang entertainer di industri hiburan dan bisnis. Ketiga pembicara meyakini bahwa content is the king. Yang berubah hanya format kontennya.

Talkshow yang juga paling ditunggu-tunggu di hari kedua adalah sesi ‘The Future of Media’. Talkshow ini diisi oleh narasumber Managing Director EMTEK Sutanto Hartono, CEO IDN Media Winston Utomo, serta Artis dan Chairman RANS Entertainment Raffi Ahmad.  Sesi itu mengupas bahwa media sosial bisa menjadi sebuah jembatan untuk memperpanjang usia karier seorang entertainer di industri hiburan dan bisnis. Ketiga pembicara meyakini bahwa content is the king. Yang berubah hanya format kontennya.

EMTEK mengantisipasi perubahan cara mengkonsumsi media dengan menyediakan konten video beragam durasi, seperti long, mid, dan short video. EMTEK juga menjalankan partnership bersama RANS Entertainment dan mengekspansi bisnisnya ke ranah OTT.

IDN Media melakukan diversifikasi unit bisnis melalui empat pilar: digital media, content platform, entertainment, dan commercial. Sementara, RANS Entertainment merambah ke media baru yaitu metaverse.

“Nggak boleh memandang sebelah mata hal yang baru.” Pada dasarnya, media Kolaborasi kedua jenis media itu penting dilakukan agar semakin meningkatkan impact yang dihasilkan”. Raffi Ahmad

FORTUNE Indonesia Summit 2022 menjadi pemantik untuk sukses dengan berbagai profesi. Dari para pembicara kita bisa mendapatkan beragam ilmu yang saling melengkapi. Ilmu, pengalaman, dan kompetensi pembicaranya tidak diragukan lagi. Mereka merupakan sosok yang telah malang melintang dengan jalur bisnis dan prestasi mereka. Belajar dari tokoh-tokoh sukses banyak dampaknya. Kisah kesuksesan mereka menjadi pelecut bagi kita.

Tidak jarang mereka mengawali kesuksesan dari nol. Dengan kesungguhan dan jeli melihat peluang yang ada maka kesuksesan itu bakal diraih pada waktu yang tepat. Mereka telah membuktikan bahwa kesuksesan itu sangat mungkin diraih. Kita pun punya kesempatan itu.

FORTUNE Indonesia Summit 2022 diharapkan dapat menjadi ajang yang menghubungkan multistakeholder untuk menjalin networking dan berkolaborasi memajukan perekonomian Indonesia. Untuk bisa mendapatkan tiket Fortune Indonesia Summit 2022, caranya sangat mudah yaitu cukup berlangganan Majalah Fortune Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia. Info lebih lanjut mengenai FORTUNE Indonesia Summit 2022 dapat dilihat melalui Instagram resmi FORTUNE Indonesia atau dengan menghubungi email hello@fortuneidn.com.

Antusiasme peserta FORTUNE Indonesia Summit 2022

Apresiasi Untuk Pebisnis Terbaik di Indonesia 

Sebagai penutup dari seluruh rangkaian acara, FORTUNE Indonesia menggelar ajang apresiasi bagi berbagai tokoh bisnis Indonesia terpilih. Mereka adalah nama-nama yang secara khusus dipilih oleh FORTUNE Indonesia untuk masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Businessperson of the Year merupakan penghargaan FORTUNE Indonesia kepada para pemimpin perusahaan yang terpilih karena mencatatkan sejumlah indikator keuangan yang positif, kepemimpinan yang transformatif, Good Corporate Governance (GCG) yang efektif, dan aksi korporasi yang adaptif.

Sementara daftar 40 Under 40 memuat nama tokoh Indonesia dari berbagai sektor dengan usia di bawah 40 tahun—per 1 Februari 2022—yang mampu beradaptasi dan membuka jalan baru untuk masa depan Indonesia. seperti Anderson Tanoto, Managing Director RGE; Edward Tirtanata & James Prananto, Co-founder & CEO Kopi Kenangan; John Riady, CEO Lippo Karawaci & Direktur Lippo Group; Roderick Purwana, Managing Partner of East Ventures; konten kreator Arief Muhammad, dan masih banyak lagi.

Di tengah pandemi yang mulai melandai, pelaksanaan FORTUNE Indonesia Summit 2022 juga berkontribusi menumbuhkan optimisme pada kita. Ada kondisi yang tidak bisa diubah, tapi kita bisa menyesuaikan diri menghadapi kondisi itu. Kegiatan seperti ini sangat positif mendukung iklim integrasi bangsa. Seperti energi positif yang semakin menyebar memberikan energi positif untuk yang lainnya. Dengan berkolaborasi bersama anak bangsa lainnya kita yakin Indonesia semakin bertumbuh dan maju.

“FORTUNE Indonesia Summit 2022, berkomitmen untuk bisa memberikan informasi terbaik dan terpercaya seputar dunia bisnis. Dan selama dua hari ini, kita telah menyaksikan puluhan tokoh bisnis Indonesia yang telah berbagi insight serta pengalamannya bagi kita semua. Bagi saya pribadi, ini adalah hal yang sangat berharga, tidak hanya dari sisi bisnis tetapi juga dapat membangun optimisme akan kemajuan bangsa Indonesia.”

William Utomo, COO IDN Media