Memanfaatkan Internetnya Indonesia Menjaga Budaya Bangsa

Awal bulan Juli 2022 keluarga kami mengadakan acara trah. Keluarga besar dari Jawa dan Sumatera berkumpul. Lintas generasi saling bersilaturahmi. Apa manfaat kegiatan trah? Budaya apa saja yang dilestarikan dalam kegiatan itu?

Keluarga besar kami mengadakan kegiatan trah. Diberi nama trah Bani Samadi sesuai nama Mbah Kakung, kakek kami. Kalau Mbah Putri namanya Saliyem. Keturunan Mbah Kakung dan Mbah Putri ada banyak sekali. Sudah ratusan anak dan cucu bahkan cicit. Anak sulung saya, Mas Jundi, adalah cicit yang ke-33. 

Cicit ke-33 bersama almh. Mbah Buyut  (dok. pribadi)

Eyang Kakung dan Mbah Putri punya anak sebanyak 9 orang. Namanya unik karena berawalan ‘Su’ semua. Dalam bahasa Jawa artinya ‘baik’.

Nama anak-anaknya adalah Sutijah, Sutarti, Sutarto, Suharti, Suyati, Supriyati, Suyoto, Supriyono, dan Suntika Rini.

Acara trah ini rutin diadakan. Urutannya sudah ditentukan. Saya mengikuti acara trah ini di tahun 2014, 2017, 2019, dan 2022. Tuan rumah trah adalah keturunan anak atau ring 1. Di tahun 2022 ini jadwal trah diadakan di Jambi. Sebagai tuan rumah, tentu kami harus menyiapkan kegiatan dengan maksimal. Setelah disepakati, kegiatan trah diadakan 4-7 Juli 2022.

Sebagai anak, saya pun harus terlibat. Oh iya, kenalkan, saya Supadilah. Saat ini bersama istri merantau ke Banten. Kami punya 2 orang anak. Orang tua kami ada di Jambi.

auh sebelum hari-H Bapak dan Ibu sering berkomunikasi dengan kami termasuk lewat panggilan video. Memanfaatkan internet cepat dari IndiHome kami video meeting dengan lancar. Membahas jenis-jenis kegiatan, menu masakan, perlengkapan, jadwal kunjungan, dan lainnya. Internet membuat jarak Jambi-Banten seakan tidak ada.

“Bapak ibu manut sama kalian tolong dibuat acaranya dengan maksimal supaya keluarga besar puas di kegiatan trah.”

“Iya Bu mudah-mudahan kami bisa bikin kegiatannya jadi berkesan,” jawab kami.

Bapak dan ibu kami sudah sepuh. Kepayahan kalau harus mengatur acara trah. Maka, pada 30 Juni 2022 keluarga saya mudik dari Banten ke Jambi.Anggap saja mudik Idul Adha 1443 H. Padahal, Idul Fitri 1443 H kemarin kamu mudik juga. Demi bakti pada orang tua, mudik dalam waktu berdekatan kami lakoni. 

Dalam perjalanan mudik sekaligus silaturahmi bersama orangtua (dok. pribadi)

Kami juga tidak melakukan banyak kegiatan  yang bisa membuat kami sibuk dengan kegiatan itu. Justru yang diperbanyak adalah duduk bareng, ngobrol bareng, bertanya kabar, dan bersenang-senang. Dari kegiatan trah juga tidak ada jalan-jalan atau ke tempat wisata karena tempat wisata itu biasanya ramai pengunjung. Berwisata yang seharusnya mendapatkan hiburan malah jadi stress karena macet di jalan.

Idealnya semua anggota keluarga besar trah Bani Samadi datang dalam kegiatan trah. Namun, kami maklum ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Misalnya urusan pekerjaan. Terutama keluarga yang bekerja di bidang kesehatan yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan. Kami juga memaklumi kalau ada keluarga yang tidak bisa datang karena alasan akomodasi. Trah keluarga menjadi ajang untuk menumbuhkan persatuan. Kalau ada diusahakan. Kalau tidak ada, tidak usah dipaksakan.

Kami tidak masak untuk konsumsi kegiatan ini. Konsumsi dipesan lewat katering. Hal ini supaya kami bisa fokus dengan kegiatan.

“Mending masak atau pesan aja ya?” tanya  ibu.

“Kalau boleh usul sebaiknya pesan saja, Bu. Masak itu kan butuh waktu yang lama. Juga butuh tenaga. Kalau kita masak malah nggak fokus dengan kegiatan, lho Bu.”

Kemudian ibu setuju kamu konsumsi dipesan. Sekaligus memberdanyakan tetangga di sekitar rumah yang menyediakan katering.

Meskipun pelaksanaan trah di rumah kami, tetapi keluarga dari Jawa dibolehkan tidur di rumah saudara yang lain. Namun, untuk kegiatan dan makan terpusat di rumah kami.

Dalam kegiatan trah itulah kami melakukan belajar mempertahankan budaya yang berada dalam keluarga. Budaya apa saja?

1. Budaya Salim atau Salam dan Cium Tangan

Salim merupakan penghormatan kepada yang lebih tua atau dihormati. Salim atau salam bisa menubuhkah rasa sayang sekaligus menghilangkan kesombongan. Harus menunggu dan mencium tangan yang lebih tua. Budaya ini juga ditularkan kepada generasi-generasi selanjutnya. Jadi anak atau cucu serta cicit membudayakan salim sebagai bentuk hormat ini. Walaupun harus antre panjang tetapi budaya salim ini tetap diberlakukan dalam keluarga. Budaya ini yang paling dipegang erat.

2. Permisi Kalau Lewat, Tunjukkan Sopan

Budaya sopan harus selalu kita jaga dan lestarikan. Di keluarga kami punya budaya ini. Seperti apa contohnya? Biasanya kalau mau lewat di depan orang tua harus bilang permisi seraya menundukkan badan.  Kalau bisa, lewat di belakang orang. Kalau tidak bisa, baru lewat di depannya. Jangan lupa bilang permisi dan menundukkan badan. Mungkin ini berlaku di banyak masyarakat di Indonesia. Ini budaya baik. Harus dipertahankan. Setiap kita senang pada sikap sopan.

3. Menggunakan Bahasa Halus

Dalam bahasa Jawa dikenal dua jenis bahasa yaitu jawa ngoko dan jawa kromo inggil. Bahasa jawa ngoko digunakan oleh seseorang pada seseorang lain yang seusia atau sudah dikenal dekat. Sedangkan bahasa jawa krama adalah bahasa Jawa halus yang biasanya digunakan ketika berbicara kepada orang tua atau orang yang lebih tua. Dalam kesempatan terakhir kami membiasakan menggunakan bahasa halus kepada yang lebih tua.

Meskipun dalam bahasa diskusi atau ngobrol kami tetap menggunakan bahasa Indonesia tetapi dalam kondisi tertentu kami menggunakan bahasa halus itu. Menggunakan dan melestarikan bahasa daerah sangat penting agar bahasa daerah itu tetap ada dan tidak punah atau ditinggalkan.

4. Izin Pamit Jika Akan Pergi

Pergi ke manapun biasanya kami pamit kepada orang yang ada di rumah. Kadang hanya pada ibu dan bapak. Kadang pada pakde dan bude yang kebetulan ada di rumah. Kalau bahkan kalau pergi ke warung saja kami minta pamit. Apalagi kalau perginya lebih jauh, selain pamit juga salim. Apa manfaatnya? Supaya kita jadi tahu keluarga atau saudara kita itu ada di mana. Saling mendoakan di mana pun berada. Itu  budaya baik, kan?

5. Makan Bersama, Selalu Dijaga

Karena ada jadwal kegiatan, kami menjadi teratur termasuk dalam hal makan. Kami selalu makan bersama sesuai jadwal. Makan bersama punya banyak manfaatnya salah satunya adalah untuk kebersamaan. Kadang kami makan di dalam rumah kadang di luar rumah dalam konsep bancakan. Dengan menu yang seadanya tetapi beralaskan daun pisang menjadi lebih nikmat.

6. Mendahulukan Yang Lebih Tua

Dalam berbagai kegiatan kami selalu mendahulukan yang lebih tua. Misalnya dalam bancakan/ngariung atau diskusi keluarga saudara yang lebih tua mendapat kesempatan berbicara terlebih dahulu. Dari peserta yang hadir kemarin, Pakde Sumadi yang menjadi pihak yang paling tua. Pakde Sumardi juga yang memimpin rapat keluarga. Pakde Sumardi adalah suami Bude Sutarti. Meskipun anak mantu tetap mendapat kesempatan berbicara di trah keluarga.

Begitu juga saat makan. Yang lebih tua mendapatkan kesempatan antre mengambil makanan lebih dulu. Kemudian disusul yang lebih muda lainnya. Sebetulnya tidak ada peraturan tertulis tapi ini menjadi sebuah kebiasaan. Apakah ini bentuknya baku? Kadang tidak juga. Misalnya ada anak yang sudah merengek-rengek minta makan maka boleh mengambil makan dulu.

7. Budaya Melayani

Di trah itu sangat terlihat ada budaya melayani. Misalnya selesai makan, kami itu saling rebutan mengantar piring ke dapur. Terutama yang muda membawakan piring kotor yang tua sebagai bentuk melayani kepada yang lebih tua. Sementara itu, yang tua juga kadang mau membawakan piring yang lebih muda. Namun, yang muda bersikeras. Sebisa mungkin yang muda ambil tugas ini.

Banyak manfaat dari pelaksanaan trah ini. Kami jadi semakin akrab. Mulanya hanya bertemu di grup WhatsApp keluarga atau lewat dunia maya tetapi sekarang bisa ketemu langsung. Kami bisa ngobrol banyak sehingga tahu kabar, kondisi pekerjaan, mengenai bisnis, kesehatan, pendidikan anak-anaknya dan lainnya.

Dalam pertemuan di Jogja jumlah keluarga yang datang jauh lebih banyak. Namun saat pertemuan di Jambi memang sedikit yang datang. Kalau dari Jawa hanya generasi pertama dan beberapa generasi kedua saja. Tidak ada cicit yang datang.

Hal ini dimaklumi karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Karena perjalanan ke Jambi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kami salut dengan kedatangan Pakde dan Bude berkenan menempuh perjalanan yang sangat jauh dan memakan biaya yang tidak sedikit. Mereka juga harus berjuang duduk seharian di bangku bus tentu melelahkan.

Meskipun tidur tentu tidak nyenyak. Sehingga ada Pakde dan Bude yang kerokan atau dipijit sesampainya di Jambi. Selain biaya, mereka juga berkorban tenaga.

Tuan rumah pun tidak kalah pengorbanannya. Bapak dan ibu keluar banyak biaya untuk menjamu konsumsi para tamu. Namun karena dilandasi keikhlasan untuk menjamu keluarga sendiri, pengeluaran itupun disikapi dengan ikhlas.

Untuk mencapai sesuatu tentu dibutuhkan pengorbanan. Tapi kalau disikapi dengan bahagia, semua proses itu akan terasa ringan. Perjalanan ke Jambi memang sangat jauh. Kalau perjalanan dinikmati, jaraknya pun terasa dekat. Di bus itulah bisa saling mempererat rasa kekeluargaan.

 

Kami juga membuka memori tentang Mbah Kakung. Banyak yang mengingat kembali ketua-petuah bijak dari Mbah Kakung. Bapak cerita bahwa sejak dulu Mbah Kakung mendorong anak-anaknya untuk berani merantau. Memotivasi anak-anaknya untuk menyebar ke berbagai daerah.

Mbah Kakung mendorong bapak untuk ikut program transmigrasi dari Jogja pulau Jawa ke Jambi pulau Sumatera. Padahal saat itu belum tergambar Jambi itu seperti apa. Tidak ada sanak saudara di sana. 

Dulu banyak orang berprinsip mangan ora mangan asal ngumpul, prinsip Mbah Kakung adalah ngumpul ora ngumpul asal mangan.

Bukan berarti hanya mementingkan makan, tetapi Mbah Kakung bilang di manapun tempatnya asal bisa bermata pencaharian maka dilakoni.

Bapak ikut program transmigrasi pada tahun 1980. Saat itu Bapak masih bujang. Bapak menempati rumah khas transmigrasi yaitu rumah berdinding papan warna hitam putih, berlantai tanah, dan beratap seng.

Pakde bercerita bahwa kalau Mbah Kakung itu mewajibkan anaknya makan bersama. Mbah Kakung tidak akan memulai makan kalau ada satu anaknya yang belum ngumpul atau tidak mau makan.

Mengapa Mbah Kakung mementingkan makan bersama? Karena dengan makan bersama itulah bisa menjalin silaturahmi sesama keluarga.

Bapak juga bercerita Mbah Kakung itu kalau makan bersih sekali piringnya. Tidak ada sisa nasi sebutir pun. Nah, ini pula yang diterapkan pada keluarga besar kami. Alhamdulillah saya juga mengikuti apa yang Bapak sampaikan tentang Mbah Kakung. Ini juga saya teruskan kepada anak-anak saya bahwa kalau makan tidak boleh ada nasi sisa sedikitpun.

Inilah fungsi trah yaitu pewarisan budaya dan kebiasaan baik. Melestarikan budaya agar tak hilang ditelan waktu. Lalu mewariskannya kepada generasi selanjutnya.

Generasi Pertama Trah Bani Samadi

Seluruh peserta Trah Bani Samadi 2022 di Jambi

Acara Senam Ceria

Ngariung di rumah

Peserta trah dari Jawa

Manfaat Internet

Untuk Silaturahmi Keluarga

Internetnya Indonesia banyak membantu saya menyiapkan acara trah ini. Mulai dari mencari jenis-jenis acara, tema acara, mendesain spanduk, menyiapkan senam ceria, live streaming, dokumentasi kegiatan, dan lainnya. Saat mempersiapkan acara pun saya menggunakan internet. Misalnya saat berkomunikasi dengan orang tua untuk membicarakan apa saja acara yang akan diadakan. Saat video meeting untuk menjelaskan rencana kegiatan pun sangat terbantu dengan internet kencang dari IndiHome. Saya dan istri bisa dengan lancar menjelaskan segala sesuatunya kepada orang tua.

Banyak sekali manfaat pelaksanaan trah. Lalu bagaimana yang tidak ikut dalam kegiatan ini? Tenang. Ternyata keluarga yang datang masih bisa kok mendapatkan inti kegiatan trah.

#1. Melalui Live Streaming

Pada saat kegiatan trah saya seringkali melakukan live streaming supaya keluarga lain bisa ikut kegiatan itu. Streaming ini bisa lewat IG Live atau video siarang langsung lewat Facebook.

Keluarga yang tidak hadir juga bisa mengetahui jadwal kegiatan trah. Banyak sekali sambutan positif dari mereka. Ketua trah Bani Samudi yang berhalangan hadir memberikan support yang besar untuk pelaksanaan trah. Dengan dukungan internet lancar milik IndiHome saya tidak kesulitan untuk melakukan live report dari tempat kegiatan.

Media sosial banyak manfaatnya. Jangan ragu untuk menggunakannya buat kegiatan positif kita. Toh,  gratis pula.


Live streaming kegiatan trah (dok. pribadi)

#2. Lewat Dokumentasi Kegiatan

“Wah untungnya kita punya akses internet yang ngebut,” kata istri saya.

“Iya dek tadi juga Pakde minta Lampung dikabari acara trah. Untungnya ada live streaming.”

“Ntar dikirim juga video rekamannya,”

“Jelas dong. Biar lebih lengkap. Kalau nggak dapat kegiatan secara utuh, lewat video terwakili.”

Setiap kegiatan selalu ada dokumentasinya. Supaya keluarga yang tidak hadir bisa tahu kegiatan apa saja dalam trah itu.

Juga agar dokumentasi ini bisa digunakan sebagai kenang-kenangan. Karena pelaksanaan trah selalu berbeda tempat atau tuan rumahnya.

Saya termasuk yang banyak mendokumentasikannya. Kadang saya upload ke media sosial pribadi maupun keluarga juga diunggah ke laman YouTube. Meskipun ukuran filenya besar, Saya tidak kesulitan untuk mengunggahnya. Dalam hitungan menit bahkan detik file besar pun bisa selesai diunggah. Internet lancar dari IndiHome, internetnya Indonesia sangat membantu pekerjaan saya ini. Inilah beberapa video yang saya rekam lalu upload ke akun Youtube.

Kontribusi IndiHome Mewujudkan Kedaulatan Digital

Sejak berlangganan tiga tahun yang lalu IndiHome banyak men-support aktivitas saya. Kegiatan saya seperti mengajar, membuat konten, mencari ilmu mendidik anak, belajar budaya, dan lainnya sangat terbantu dengan internet kencang dari IndiHome.

IndiHome sangat mendukung aktivitas tanpa batas. Saya sebagai pelanggan IndiHome tidak mengalami keluhan berarti dengan layanannya.

Bertahun-tahun berlangganan hanya dua mengalami keluhan. Itu pun bukan keluhan yang berarti.

Konektivitas internet IndiHome pun terasa stabil dan tahan cuaca. Saat hujan, akses internet tidak terganggu.

Pernah mengalami keluhan karena ada pohon yang tumbang. Keluhan itu diselesaikan dalam dua jam saja. Gangguan yang kedua malah diselesaikan dengan cepat yaitu hanya 40 menit saja. Benar-benar layanan yang memuaskan pelanggan.

Dengan menghubungi layanan 147 saja pelanggan kemudian diarahkan ke petugas yang mendatangi untuk menyelesaikan keluhan.

IndiHome sebagai Internet Service Provider (ISP) di Indonesia begitu concern menghadirkan internet cepat untuk masyarakat Indonesia.

Sebagai kontribusinya kepada bangsa, IndiHome sebagai layanan fixed broadband milik PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk telah membentangkan jaringan fiber optic sepanjang 166.343 kilometer di seluruh wilayah Nusantara, mulai dari pusat kota hingga pelosok desa.

Panjang ini setara dengan 4 kali keliling bumi. Wiih, juga setara 176 kali rute mudik keluarga saya.

Jaringan IndiHome juga menjangkau sembilan pulau terluar di Indonesia, yakni Pulau Bintan, Pulau Karimun, Pulau Kei, Pulau Alor, Pulau Simeulue, Pulau Weh, Pulau Sebatik, Pulau Rote, dan Pulau Sabu.

IndiHome, ikut berperan aktif mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.

Baca artikel CNN Indonesia “IndiHome Berkomitmen Wujudkan Keadilan Digital di Tanah Air” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211014191348-190-707971/indihome-berkomitmen-wujudkan-keadilan-digital-di-tanah-air.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

IndiHome, ikut berperan aktif mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.

Baca artikel CNN Indonesia “IndiHome Berkomitmen Wujudkan Keadilan Digital di Tanah Air” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211014191348-190-707971/indihome-berkomitmen-wujudkan-keadilan-digital-di-tanah-air.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Kontribusi ini menjadi bukti bahwa IndiHome mendukung terwujudnya kedaulatan digital untuk Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia yang tengah mewujudkan konektivitas digital yang tengah dibangun hingga ke pelosok Nusantara dengan berpegang teguh pada kedaulatan bangsa. 

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, terdapat tiga layanan utama dari IndiHome berupa Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone), dan TV Interaktif (IndiHome TV). Dengan teknologi internet fiber itulah kebutuhan internet cepat bisa terpenuhi.

“Pemerintah telah bekerja keras membangun konektivitas nasional kita. Konektivitas digital harus tetap berpegang teguh kepada kedaulatan bangsa di tengah globalisasi dan hiperkompetisi sekarang ini.“

Joko Widodo (Presiden RI)

Saat ini berbagai aktivitas menuntut waktu yang begitu cepat. Berbagai pekerjaan juga selalu butuh dikerjakan dengan tuntas. Untuk kebutuhan itu kita sering memerlukan internet cepat. IndiHome hadir dengan menawarkan pilihan kecepatan Internet unlimited hingga 300 Mbps.

Tidak hanya cepat, koneksi IndiHome juga hampir tidak ada gangguan. Selama berlangganan dalam kurun waktu 3 tahun, saya hanya mengalami dua keluhan. Pertama, karena ada pohon yang tumbang. Keluhan itu diselesaikan dalam dua jam saja. Kedua, gangguan yang kedua malah diselesaikan dengan cepat yaitu hanya 40 menit saja!

Benar-benar layanan yang memuaskan pelanggan. Saat itu saya hanya menelpon layanan 147 kemudian diarahkan ke petugas yang mendatangi untuk menyelesaikan keluhan.

Petugasnya pun ramah dan sangat sigap membereskan keluhan ini. Secara umum selalu cepat dalam menyelesaikan permasalah yang dirasakan pelanggan.

IndiHome sebagai Internet Service Provider (ISP) di Indonesia begitu concern menghadirkan internet cepat untuk masyarakat Indonesia. IndiHome pun selalu menghadirkan inovasi dan layanan terbaik.

digital connectivity, inovasi-inovasi yang dilakukan seperti peningkatan ratio Upload dan Download (UL:DL) sehingga membuat upload pelanggan semakin cepat, peningkatan throughput atau bandwidth aktual yang terukur, dan penurunan latency yang dapat membuat pelanggan berselancar di internet semakin cepat dan stabil.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 19 April 2022 – 22:18 WIB oleh SINDOnews dengan judul “Tingkatkan Layanan Digital, IndiHome Terus Hadirkan Beragam Inovasi”. Untuk selengkapnya kunjungi:
https://tekno.sindonews.com/read/748131/207/tingkatkan-layanan-digital-indihome-terus-hadirkan-beragam-inovasi-1650380658

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
– Android: https://sin.do/u/android
– iOS: https://sin.do/u/ios

Pada akhir Desember 2021, 74% pelanggan IndiHome memilih kecepatan paket diatas 20 Mbps. Saya adalah salah satunya. Ya, untuk mendapatkan koneksi internet yang semakin cepat saya pun menambah kecepatan paket internet. Untuk kebutuhan ini saya tidak dikenai biaya.

Bahkan tidak susah melapor atau mendatangi kantor IndiHome tetapi lewat aplikasi myIndiHome dan layanan 147 saja.

Berbagai upaya dilakukan IndiHome untuk mewujudkan internet ngebut. Semua itu dilakukan sebagai bentuk layanan terbaik untuk pelanggan. 


 

“Sebagai Internetnya Indonesia, IndiHome terus berupaya untuk mengembangkan peningkatan layanan. Kami menghadirkan berbagai inovasi yang mengutamakan kepuasan pelanggan. Selain program UL:DL dan HSSP, kami juga mengembangkan digitalisasi layanan hingga customer care.

E. Kurniawan, Vice President Marketing Management Telkom,

Z

Perbaikan Ratio UL : DL

IndiHome telah melakukan perbaikan ratio Upload dan Download (UL:DL) sehingga membuat upload pelanggan semakin cepat.

IndiHome mengubah UL:DL dengan rasio 1:3, dari sebelumnya berada di angka rasio 1:5. Perubahan UL:DL ini sudah dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan setia IndiHome.

Z

Program HSSP

Higher Speed Same Price (HSSP). Melalui program ini, pelanggan setia IndiHome dapat menikmati penyesuaian kecepatan internet yang lebih tinggi tanpa adanya biaya tambahan.

Z

Angka Latency Terendah

Konektivitas internet cepat IndiHome memiliki rata-rata angka latency sebesar 2,0 mili second (ms). Latency adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan suatu data sampai ke tujuan, dan diukur dalam satuan mili second, lebih kecil angkanya, lebih baik

Z

Window of Entertainment

Window of Entertainment merupakan salah satu inovasi terbaru IndiHome yang menyediakan berbagai pilihan konten menarik mulai dari layanan TV Interaktif, Minipack Channel TV, add-on, 10 OTT partner di antaranya Disney+Hotstar, Vision+, VIU, CATCHPLAY+, MOLA, Vidio, WeTV, Lionsgate Play, HBO Go, dan Gameqoo.

Selain itu, IndiHome juga memiliki jumlah channel terbanyak hingga mencapai 238 channel yang dapat ditawarkan kepada pelanggan.

Z

Paket Buy Your Own Device (BYOD) dan Paket Pembayaran di Depan (PDD).

IndiHome memiliki paket bebas tanpa batas atau Buy Your Own Device (BYOD) berhak mendapat perangkat resmi dari Telkom. Wah, enak nggak tuh?

Lalu ada paket Pembayaran di Depan (PDD). Melalui paket ini, pelanggan akan mendapat diskon sampai 30%. Ada juga paket IndiHome voucher, yang merupakan solusi untuk mahasiswa dan masyarakat dengan harga lebih terjangkau.

 

Z

Internet Transmisi Seluler

IndiHome melakukan sinergi dengan TelkomGroup khususnya Telkomsel melalui penjualan IndiHome Halo, IndiHome Orbit, dan IndiHome+. Di mana sinergi ini akan memberikan pilihan layanan lebih luas untuk solusi fixed broadband dan seluler bagi pelanggan.

Untuk layanan ini pelanggan hanya membutuhkan modem yang dipasarkan bersama dengan paket internet, sehingga menjadi lebih praktis lagi dalam menggunakan internet.

IndiHoe memiliki beragam promo yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah, ini pula yang membuat saya menjadi pelanggan setia IndiHome. Banyak nian promo dan kemudahan yang ditawarkannya. Apa saja promo-promonya?

Paket ini khusus untuk insan di dunia pendidikan dan jurnalistik. Layanan internet cepat dan stabil ini bisa dinikmati dengan biaya mulai dari Rp255.000 per bulan.

Akses internet dengan kecepatan 30 Mbps dan bonus nelpon hingga 50 menit hanya dengan Rp200.000-an per bulan. Bisa untuk 7 perangkat

Paket ini bisa dinikmati dengan biaya langganan Rp200.000-an per bulan. Ada banyak bonusnya mulai dari cashback Rp150.000 hingga ekstra 61 channel TV selama 3 bulan.

 

Dengan paket internetan cepat hingga 300 Mbps ini pelanggan bisa mendapatkan tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan dan telponan hingga 100 menit dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)!

Paket ini memungkinkan kita menonton semua tayangan di Netflix dengan internet cepat dan stabil dari IndiHome! Melalui Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix), rasakan serunya nonton film, drama series, TV series, hingga Netflix Original. Ada juga tayangan favorit dari ratusan channel TV dan bebas nelpon hingga ratusan menit.

Paket Gamer ini memungkinkan untuk seru-seruan game populer dengan internet kencang dan stabil. Ada banyak benefit pula seperti Bebas Akses GameQoo dan akses ke 140+ game streaming canggih berlisensi dengan teknologi Cloud Gaming. IndiHome Benar-benar internetnya untuk gamer.

Dengan membeli perangkat ini, pelanggan bisa nikmati beragam tayangan unggulan di channel TV favorit dan internetan ngebut dengan kecepatan up to 50 Mbps.

Paket ini khusus untuk keluarga besar Telkom Group, mulai dari karyawan, pensiunan, hingga outsource. Beragam kecepatan internetnya mulai dari 30 Mbps hingga 300 Mbps serta puluhan channel TV unggulan tersedia dengan banyak tayangan hiburan.

 

Hal yang harus diapresiasi, IndiHome membukukan pendapatan sebesar Rp6,9 triliun atau tumbuh 7,9% YoY dengan total kontribusi terhadap pendapatan perseroan mencapai 19,5%.

Penggunaan internet cepat merupakan sebuah kebutuhan penting bagi kita. Masyarakat Indonesia telah mempercayakan IndiHome sebagai Internetnya Indonesia untuk kebutuhan inni.

Sehingga tidak heran jika pelanggan IndiHome hingga akhir Maret 2022 mencapai 8,7 juta atau tumbuh 7,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dengan berbagai inovasi layanan yang dilakukan, IndiHome diganjar 22 penghargaan di berbagai bidang. Penghargaan ini didapat dalam 12 bulan saja.

Beberapa di antaranya, PR Indonesia Award, kategori Marketing Public Relations dari PR Indonesia; The Most Creative Brand Communication Kategori Integrated Brand Campaign (MIX Marcomm); 1st Indonesia Digital Marketing Champions 2021 (Data & Entertainment) predikat Excellent dari SWA; Indonesia Best Brand Award (IBBA) dari SWA; Penghargaan Indonesia Best Women Empowerment Awards 2021: Redefining The Defined dari Herstory; dan Indonesia Gadget Award kategori The Most Innovative Home Internet Services dari Gizmologi.

novasi program IndiHome dihadirkan untuk membantu meringankan beban masyarakat Indonesia yang terkena dampak pandemi Covid-19 di seluruh Telkom Regional. Mulai dari bantuan tunai langsung untuk anak yatim melalui lembaga sosial, bedah rumah untuk masyarakat yang membutuhkan hingga renovasi rumah ibadah.

Baca artikel CNN Indonesia “IndiHome Berkomitmen Wujudkan Keadilan Digital di Tanah Air” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211014191348-190-707971/indihome-berkomitmen-wujudkan-keadilan-digital-di-tanah-air.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Saat pandemi, IndiHome juga hadir membantu meringankan beban masyarakat Indonesia yang terkena dampak pandemi Covid-19 di seluruh Telkom Regional.

Kepedulian IndiHome ditunjukkan melalui bantuan tunai langsung untuk anak yatim melalui lembaga sosial, bedah rumah untuk masyarakat yang membutuhkan hingga renovasi rumah ibadah.

Juga patut diapresiasi kepada teknisi IndiHome yang terus siap di garda terdepan mengupayakan kelancaran layanan internet meskipun saat pandemi Covid-19 bahkan di zona merah sekalipun. Mereka pantang menyerah demi kelancaran aktivitas masyarakat, dengan konsekwensi yang tidak ringan mengingat bahaya penularan Covid-19 yang terus muncul.

Misalnya melalui pemenuhan akses internet di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Hal ini penting sebab layanan telekomunikasi dan akses informasi yang cepat menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung tenaga medis, tim satuan gugus tugas serta pihak-pihak yang terlibat dalam menjalankan aktivitasnya. Banyak pihak yang harus melakukan update informasi, pendataan pasien, dan lain sebagainya. Bahkan para pasien tentu membutuhkan akses internet cepat untuk berkomunikasi dengan keluarga dan beraktivitas secara online selama masa karantina itu.

Tidak hanya itu, IndiHome juga menunjukkan kepeduliannya dengan menyerahkan hasil Program Donasi Berbagi Berkah berupa 3.000 paket sembako senilai Rp537.000.000 untuk masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Penyerahan donasi secara simbolis dilaksanakan oleh Siti Choiriana selaku Direktur Consumer Service Telkom kepada Jaha Nababan selaku pembina Federasi Rembuk Nasional Pengemudi Online (RNPO) Indonesia pada hari Senin, tanggal 11 Mei 2020 di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

IndiHome Serahkan 3000 Paket Sembako Senilai Rp537 Juta kepada Masyarakat Terdampak Covid-19 (dok. IndiHome)

Akhir Tulisan

Dalam lirik lagunya, Jogja Hiphop Foundation bilang begini,Budaya adalah senjata. Memanusiakan manusia.”

Kita memiliki budaya yang sangat kaya. Apapun budayanya, budaya positif harus kita lestarikan. Kita juga bisa menyebarkan budaya itu kepada masyarakat yang luas dengan menggunakan internet.

Lewat tulisan, foto, maupun video yang bisa diakses oleh lebih banyak orang bahkan oleh dunia. Budaya merupakan jati diri. Harus kita jaga agar tak lekang ditelan waktu.

Kita harus tahu budaya kita. Ada pesan dalam bahasa Jawa, “Seduwur-duwure sinau dewe tetep wong Jowo. Wong Jowo ojo lali karo Jowo ne” yang artinya “Setinggi-tingginya pendidikan, kita tetap orang Jawa. Orang Jawa jangan lupa dengan Jawa-nya.” Tegasnya kita jangan lupa tradisi dan budaya.

Usaha menjaga budaya itu bisa dimulai dari lingkup keluarga. Orang tua menerapkan dan menjaga budaya di rumah. Lalu mendidik anak dengan pendidikan berupa budi pekerti, etika, dan penanaman nilai-nilai budaya yang dianut oleh masyarakat.

Keluarga merupakan miniatur negara. Dengan menjaga budaya dalam keluarga, berarti kita turut menjaga budaya bangsa pula. dengan Internetnya Indonesia kita jaga budaya bangsa. (*)

Referensi Tulisan

Mayoritas referensi tulisan bersumber dari website IndiHome di https://indihome.co.id/

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220420142028-37-333214/cek-deh-ini-sederet-inovasi-indihome-demi-internet-ngebut

https://setkab.go.id/presiden-jokowi-konektivitas-digital-harus-berpegang-teguh-pada-kedaulatan-bangsa/

https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID/news/laporan-keuangan-telkom-q1–2022,-telkom-bukukan-pendapatan-konsolidasi-rp35,2-triliun-1667

https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID/news/apresiasi-kiprah-teknisi-indihome-dalam-berikan-layanan-terbaik-hingga-di-zona-merah-covid-19-1371