Pilih Laman

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi manusia. Pendidikan bisa mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Benarlah kata Nelson Mandela bahwa pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia.

Setiap orang tua bercita-cita menyekolahkan anaknya supaya anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Lebih jauh orang tua berharap nasib anaknya bisa lebih baik daripada orang tuanya. Berharap dengan anaknya bisa mengangkat derajat keluarganya.

Begitulah macam-macam motivasi orang tua menyekolahkan anaknya. Apakah salah? Tentu tidak asalkan masih tujuan positif.

Dari motivasi itu pulalah di tahun 2006 saya merantau dari Jambi ke Padang untuk mendaftar kuliah di universitas Andalas, Padang. Saat itu perjuangan mendaftar kuliah sangat luar biasa beratnya.

Alat komunikasi saat itu masih terbatas. Untuk mendaftar di kampus tersebut saya menempuh perjalanan 9 jam dengan menggunakan bus antar kota antar provinsi. Saya berangkat  bersama dua orang teman yang juga mendaftar di kampus yang sama. Ada orang yang kami tuju. Ada kakak kelas yang sudah kuliah di kampus itu. Namanya Mbak Elvina.

Kami baru sekali itu keluar menempuh perjalanan jauh. Dengan mengandalkan navigasi yang seadanya lebih tepatnya ancer-ancer yang dikirim oleh Mbak Elvina, kami memberanikan diri pergi ke kampus itu.

Perjalanan yang cukup lama. Kami berangkat malam, sampai di sana pagi buta. Harus nunggu sampai suasana terang baru dijemput oleh mbak Elvina. Kami tidak bisa sering menelpon karena pulsa cukup mahal. Jangan bayangkan saat itu bisa chattingan lewat WhatsApp atau Facebook karena saat itu belum ada bahkan BlackBerry Messenger (BBM) pun belum ada.

Bekal atau barang bawaan kami pun cukup banyak. Mulai dari raport kelas 1 sampai 3 SMA, penghargaan lomba-lomba, ijazah, dan lainnya. Banyak juga yang kami bawa,  sampai kami keberatan membawanya. Maklum untuk berjaga-jaga kalau ada persyaratan yang harus dipenuhi.

Daripada harus pulang lagi kalau ada persyaratan yang kurang. Mending kami bawa apa saja yang sekiranya diperlukan.

Singkat cerita kami selesai  membeli formulir SPMB atau seleksi penerimaan mahasiswa baru karena. Pelaksanaannya sebulan kemudian. Kami tidak langsung pulang tetapi mengikuti bimbingan belajar di kota Padang. Supaya punya bekal yang lebih mumpuni untuk mengikuti ujian SMPB yang katanya cukup sulit. Kami tinggal di kos-kosan yang tidak jauh dari lokasi bimbel. Namun harganya cukup mahal.

Kami sudah kembali ke Jambi saat berita pengumuman kelulusan pada SPMB tahun itu. Bagaimana kami mengetahui kelulusan itu?  Kami tidak langsung melihatnya. Tapi Mbak Evina yang melihat pengumuman itu. Pengumuman dicantumkan di koran pada pagi hari. Selain itu ditempel bola di mading rektorat kampus.

Dengan perjuangan yang cukup berat; biaya  besar, jauh dari orang tua, jarak yang sangat jauh, dan memeras otak akhirnya saya bisa kuliah di  Universitas Andalas Padang.

Dengan perjuangan yang tidak kalah berat dari mendaftar kuliah. Setelah 4 tahun 10 bulan, akhirnya saya bisa lulus dengan predikat memuaskan. Jauh dari orang tua; berbeda provinsi dengan cara yang lumayan jauh.

Jauh pula dari kemajuan teknologi seperti saat ini. Zaman di mana saya masih mengenal mesin tik, pemutar musik MP3 atau MP4, handphone polyphonic, dan media sosial seperti Friendster. Begitulah kisah perjuangan kuliah saya.

Takdir membawa saya menjadi seorang guru di sekolah swasta di Banten. Menjadi guru mengingatkan saya tentang perjuangan saat kuliah.

Sebagai wali kelas, saya sering turun tangan mendampingi siswa untuk memilih kuliah. Juga menghadapi masalah yang dihadapi siswa saat akan memulai kuliah. Mulai dari siswa yang bingung menentukan jurusan, paksaan dari orang tua yang tidak sesuai dengan minat siswa, hingga mengumpulkan administrasi untuk mendaftar kuliah.

Berbeda jauh dengan apa yang saya alami dulu. Kalau dulu saya harus mengurus sendiri tentang kuliah, jauh-jauh hari sudah menentukan kemana akan melanjutkan kuliah, siswa ini cenderung santai dalam menentukan pilihan kuliah.

Hal ini dimaklumi karena ragam informasi semakin banyak tersedia di internet. Perkembangan teknologi turut mempengaruhi perubahan mendaftar kuliah sangat jauh berbeda.

Misalnya jalur masuk kuliah. Kalau dulu hanya ada Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan SPMB saja, sekarang banyak jalur masuk kuliah di perguruan tinggi. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, SNMPN, Umptkin, UM, vokasi, PCBM, dan lainnya.

Teknologi semakin mempermudah aktivitas kita. Teknologi memangkas jarak yang jauh menjadi dekat. Termasuk dalam memilih kampus, lho. Jadi sekarang ini kita tidak perlu mendaftar kuliah susah. Kita bisa menggunakan aplikasi goKampus untuk mencari kampus terbaik sesuai dengan pilihan kita. Bahkan kita bisa mendaftar kuliah lewat goKampus juga, lho. Mendaftar kuliah dari rumah? Bisa banget lewat goKampus.

Jadi di goKampus ini kamu bisa mendapatkan informasi tentang kampus di Indonesia bahkan di luar negeri. Termasuk juga mendaftar kuliah, mengetahui jurusan kuliah, strategi kuliah online, beasiswa pun bisa banget lewat goKampus.

Fitur apa saja yang bisa diakses di goKampus?

Instant Approval

Langsung diterima di kampus pilihan dengan mengirimkan nilai rapor.

Daftar Kuliah

Isi formulir online 1x, bisa daftar ke banyak kampus

Beasiswa Kuliah

Raih beasiswa kuliah hingga Rp20jt per semester

Dana Pendidikan

Cicil biaya kuliah dengan penyedia pinjaman yang diawasi OJK

Event Kampus

Promosikan dan kelola event kampusmu dengan mudah

Magang

Jangan lewatkan peluang magang di perusahaan ternama

Student Promo

Dapatkan juga beragam diskon menarik khusus untuk mahasiswa

Bagaimana cara mengakses goKampus? Kita bisa mengaksesnya lewat website maupun aplikasi. Nah, aplikasinya bisa kalian download di sini ya…

Download Aplikasi goKampus android:

Download Aplikasi goKampus ios:

 

 

Di goKampus banyak sekali kemudahan yang ditawarkan. Informasi tentang ratusan perguruan tinggi di Indonesia dengan mudah kita dapatkan.

Bahkan banyak kampus yang memberikan fasilitas instant approval. Program Instant Approval adalah program penerimaan mahasiswa langsung dalam satu jam di 128 universitas pilihan melalui jalur rapor, terbuka untuk siswa/i kelas 11 dan 12. Bener, cuma 1 jam saja!

Salah satu kampus yang memberikan fasilitas instant approval ini adalah PPM School of Management. Mendaftarnya pun sangat mudah. Hanya dilakukan dengan tiga langkah untuk Daftar Kuliah di PPM School of Management. 

Klik "Daftar Sekarang"

Kalau udah mantap daftar kuliah di Universitas Pelita Harapan, langsung klik aja. Isi lengkap semua data diri kamu ya!

Upload Rapor

Pilih kampus dan jurusan sesuai yang mau kamu, isi data diri, dan siapin rapormu dari kelas 10. Upload scan / foto rapormu dengan jelas. lalu submit pendaftaranmu ke PPM School of Management.

Sejam Diterima!

Hore, selamat kamu diterima kuliah di PPM School of Management pake aplikasi goKampus!

Mengapa Memilih PPM School of Management?

PPM School of Management berdiri pada tahun 1968 merupakan pelopor dan salah satu institusi lembaga pendidikan yang unggul di bidang studi Manajemen di Indonesia.

Keunggulan kampus ini diantaranya adalah menjalin kemitraan dengan berbagai organisasi baik organisasi pemerintah, BUMN, swasta atau pun organisasi nirlaba dalam berbagi pengalaman di bidang pembelajaran teori dan praktik manajemen. Dengan kerja sama ini tentu kamu akan mendapatkan banyak sekali pengalaman, terutama di bidang praktisi pada saat kuliah nanti, lohh!

Program Sarjana Manajemen Bisnis di PPM School of Management telah mmendapatkan akreditasi “A” 2823/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Proses belajar di PPM School of Management memberikan porsi yang cukup besar kepada para mahasiswa/i untuk mengaplikasikan langsung hal yangdipelajari di ruang kelas dalam bidang pekerjaannya. Selain itu, untuk memperbanyak pengetahuan mahasiswanya, PPM School of Management merancang kurikulum yang terintegrasi dengan soft skill kepada para mahasiswanya untuk meningkatkan kariernya dan juga mahasiswanya/i dibimbing hingga sertifikasi yang memudahkan lulusannya berkarier di berbagai negara di dunia.

Staf pengajar PPM School of Management bukan sekedar akademis, tetapi juga sebagai praktisi dan konsultan di berbagai perusahaan yang ada di Indonesia. Kampus ini juga memiliki berbagai kegiatan pertukaran mahasiswa ke berbagai universitas yang tersebar di Australia, Prancis, Korea, India, Taiwan, Vietnam, dan negara ASEAN lainnya.

PPM School of Management memiliki filosofi yaitu “pohon hidup akan terus melahirkan dedaunan baru, dedaunan yang semakin rindang pada akhirnya akan melahirkan perspektif baru dan memberikan perubahan pada lingkungannya.”

Dengan biaya mulai Rp8,400,000/semester, kuliah di PPM School of Management  semakin bermakna karena kampus ini terakreditasi Unggul (A). Bagaimana, tertarik kuliah di PPM School of Management? Cari informasi selengkapnya di blog goKampus ya…