Pilih Laman

Anak merupakan anugerah dari Tuhan. Anak juga merupakan titipan yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Salah satu kewajiban orang tua terhadap anak adalah memberi nama.

Dalam budaya masyarakat Indonesia, memberi nama anak ibaratnya doa, pengharapan, atau keinginan. Misalnya orang tua memberikan nama anak ‘Selamat’ dengan harapan agar anak mendapatkan keselamatan dari kecil hingga besar. Nah, kita seharusnya memberikan nama-nama yang baik agar menjadi nasib yang baik pula untuk anak-anak kita.

Dewasa ini orang tua memberi nama anak bermacam-macam. Tidak lagi nama-nama Indonesia tetapi bisa nama-nama latin, Yunani, Arab, tokoh-tokoh pewayangan dan lainnya. Menggunakan nama dari negara atau daerah manapun tidak apa-apa yang penting nama itu mengandung konotasi yang baik.

Selain itu perlu juga memilih nama yang mudah diingat. Jangan sampai kita pingin nama anak yang keren tetapi sulit diucapkan. Hal sulit diucapkan tentu sulit diingat pula. Kalau bisa nama dipakai selamanya atau seumur hidup.

Jika zaman dahulu orang punya nama yang singkat-singkat atau hanya satu suku kata, dewasa ini banyak nama anak-anak yang dua, tiga, bahkan empat kata.

Memanfaatkan Internet Mencari Nama Anak

Secara sederhananya kalau orang tua ingin mencari nama yang baik untuk anaknya bisa memanfaatkan internet kita bisa searching untuk menentukan anak yang cocok. Kita bisa memilih untuk nama Arab, latin, lokal, maupun nama barat.

Kita bisa mengkombinasikannya dua, tiga, atau empat kata. Tapi jangan jangan lupa untuk memilah artinya. Orang tua harus tahu apa arti nama untuk anaknya. Jangan sampai namanya keren, tetapi artinya memiliki konotasi negatif.

 

Bayi laki-laki dari Supadilah

Ilustrasi gambar bayi laki-laki (sumber gambar: aset Canva)

Saya pernah punya pengalaman diminta kakak untuk mencari nama anaknya. Dia pesan kalau bisa huruf awalnya M. Maka dengan segera saya mencari di internet. Dari SehatQ pula saya mendapatkan nama untuk bayi laki-laki yang keren.

Sementara itu, pada saat saya punya anak, karena sudah punya pengalaman, saya pun mencari nama anak di internet. Dengan digabungkan 1 kata dengan kata lain, didapatlah nama anak yang tepat.

Nah, begitulah pengalaman saya dalam memberi nama anak. Anda ingin juga mencari nama yang bagus untuk anak anda? Bisa juga untuk memberikan nama anak laki-laki saudara atau teman Anda.

Review dari bayi laki-laki dari laman SehatQ, ini ada beberapa nama anak laki-laki yang bagus, lho.

Misalnya nama Abyan yang cukup umum di negara Timur Tengah. Nama ini memiliki arti “sangat bersih”. Nah, orang tua yang mengharapkan anaknya jadi insan yang suka bersih atau rapi, bisa pakai nama ini.

 

Atau nama Ashraf. Nama anak laki-laki yang bagus, berasal dari Timur Tengah. Terdengar unik dan keren, nama ini memiliki arti “yang paling terhormat”. Jika orang tua mengharapkan anaknya jadi sosok yang terhormat, bisa pilih Ashraf untuk anaknya.

Sementara itu, untuk nama ‘Barat’ atau Latin ada nama Jason. Nama bayi laki-laki ini artinya seseorang yang menyembuhkan. Orang tua berharap dengan pakai nama ini, anaknya bisa menjadi penyembuh bagi orang tua bahkan lingkungannya. Sedangkan nama yang berbau ‘Nusantara’ ada nama Jagat yang memiliki arti “dunia”.

Dalam pepatah Jawa ada ungkapan yang menyatakan ‘Asmo kinaryo jopo’ atau nama adalah doa atau nama berarti sebuah doa. Orang tua yang ingin memilih nama bayi laki-laki yang memiliki makna baik, SehatQ bisa menjadi salah satu referensinya. Semoga Anda para orang tua mendapatkan nama yang baik untuk bayi laki-laki Anda. Dan semoga bayi laki-laki Anda memiliki masa depan sesuai namanya. Aamiin