Pilih Laman

Apa kabar bapak ibu guru?

Mudah-mudahan tetap sehat di tengah pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Bagaimana sistem pelaksanaan pembelajaran di sekolah bapak ibu guru? Sudah 100% tatap muka atau malah PJJ lagi?

Beberapa waktu lalu, di tempat saya mengajar, para wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat (humas) berkumpul. Para humas membicarakan optimalisasi website sebagai media pengenalan sekolah.

Apalagi sebentar lagi akan memasuki masa pendaftaran peserta didik baru. Website sekolah dapat membantu para orang tua dan calon peserta didik untuk mendapatkan informasi tentang sekolah.

Semakin lengkap informasi dalam website sekolah, semakin memberikan tawaran kepada para orang tua dan calon peserta didik.

Apalagi saat pandemi lalu. Pemanfaatan website sekolah sangat membantu dalam proses PPDB. Orang tua tidak harus mendatangi sekolah. Tentu saja hal ini menghemat biaya transportasi.

Selain itu apa sajakah manfaat website dalam dunia pendidikan atau sekolah?

Manfaat Website Bagi Sekolah

 

1. Sumber Informasi Sekolah

 

Dengan adanya website, masyarakat bisa mendapatkan informasi sekolah secara lengkap. Informasi itu dapat diakses kapan saja selama website itu masih ada. Jadi orang tua tidak perlu mendatangi sekolah atau menelpon sekolah untuk mendapatkan informasi sekolah.

Lengkapilah website sekolah dengan informasi visi-misi, kegiatan, fasilitas, program, prestasi, dan lainnya supaya orang tua mendapatkan informasi dengan lengkap tentang sekolah.

 

2. Sarana Promosi Yang Low Budget

Dibanding mencetak spanduk, brosur, atau flyer promosi lewat website sekolah lebih murah, lho. Biaya cetak bahan-bahan promosi semakin hari semakin mahal.

Selain itu, tidak bertahan lama. Setelah baca brosur atau flyer bisanya dibuang begitu saja. Begitu juga dengan spanduk. Tidak bertahan lama dipasang di tempatnya. Bisa rusak karena angina atau diambil serta dirusak orang.

Berbeda dengan promosi di website. Seperti jejak digital, promosi tadi akan selalu tersimpan di internet, selagi kontennya tidak kita hapus. Jadi promosinya bisa berlangsung bertahun-tahun. Jelas promosi lewat website lebih hemat, kan?

 

3. Alternatif Media Pembelajaran

Saat pandemi diterapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Salah satu media belajar yang tepat adalah melalui website. Caranya, guru menyiapkan materi pembelajaran. Lalu diposting di website. Siswa tinggal mengaksesnya.

Dibanding media pembelajaran lainnya, misalnya video pembelajaran, belajar lewat website lebih hemat kuota internet. Ini bisa menjadi alternatif bagi siswa yang terbatas kuota internetnya, atau siswa di daerah yang lambat akses internetnya.

Penggunaan website sebagai media pembelajaran juga memudahkan siswa mengakses materi kapan saja. Jadi tidak harus di waktu yang ditentukan. Selain itu, siswa dapat mengulang-ulang materi pembelajaran. Pembelajaran menggunakan website pun membuat belajar menjadi tidak membosankan.

 

4. Meningkatkan Reputasi Sekolah

Sekolah yang mempunyai website dianggap punya reputasi yang baik. Masyarakat akan percaya kalau sekolah serius mengelola lembaganya. Misalnya ada dua sekolah, satu sekolah punya website dan satu lagi tidak punya, masyarakat akan lebih percaya sekolah yang punya website.

 

5. Mengembangkan Kemandirian Siswa

Dengan adanya website sekolah, siswa bisa belajar secara mandiri menggunakan website sekolah. Siswa secara aktif berkunjung ke website sekolah dan mempelajari materi pembelajaran yang diberikan guru. Guru hanya memberikan stimulus agar siswa mengunjungi website sekolah.

 

6. Sarana Komunikasi Masyarakat dengan Sekolah

Sekolah dapat menjaring aspirasi masyarakat melalui website. Adanya kolom komentar atau diskusi di website bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menuliskan kritik maupun saran untuk sekolah. Sekolah bisa juga memasang memasang buku tamu yang bisa diisi oleh pengunjung. Kritik dan saran itu penting dibahas juga oleh sekolah.

Nah, demikian banyak manfaat website bagi sekolah. Bagi sekolah wajib hukumnya punya website. Dan untuk meningkatkan reputasi sekolah baiknya website sekolah menggunakan domain berbayar. Jangan pakai domain gratisan. Harga domain untuk website juga murah, kok. Dapatkan domain murah di Niagahoster untuk website sekolah yang membuat reputasi sekolah semakin dikenal.

Dengan domain murah dari Niagahoster, sekolah semakin mudah untuk punya website.

Untuk memiliki website tidak sulit. Salah satu penyedia layanan pembuatan website adalah Niagahoster. Selain penyedia layanan domain dan hosting, Niagahoster yang didirikan sejak 2013 juga melayani pembuatan website sekolah.

Telah lebih dari 500.000 klien telah terdaftar di layanan Niagahoster. Apalagi layanan customer support siap membantu 24 jam nonstop, membuat kita semakin mudah dan nyaman menggunakan layanan Niagahoster.

Sekarang tidak perlu pusing membuat website sekolah. Pilih domain juga hosting untuk website sekolah di Niagahoster saja. Dapatkan website sekolah keren kita di Niagahoster.