Pilih Laman

Sukses Jalankan Tugas Humas dengan Tuntas

Bersama Internetnya Indonesia

“Kalau hanya mengajar, semua guru pasti bisa.  Jangan mau jadi guru yang biasa-biasa. Jadilah guru yang punya keterampilan lain. Tebarkan dan kabarkan kebaikan. Untuk itu, guru harus punya tambahan kemampuan.”

Selain menjadi guru tugas di sekolah adalah menjadi wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat atau humas. Biasanya bidang ini identik dengan penguasaan IT. Sebetulnya saya bukan mahir sih tapi karena saya suka belajar banyak hal, termasuk belajar IT.  

Saya pegang betul kata-kata orang tua saya, “Opo-opo nek ijek ketok moto, iso dilakokno.” Artinya begini, apa-apa selama masih bisa dilihat mata, bisa dikerjakan atau dilakukan. Nah, begitu pula dengan penguasaan IT ini.

Sejak 2011 saya dipercaya menjadi humas. Kadang di sekolah, kadang di lingkungan tempat tinggal. Nah, untuk humas di sekolah ini memang yang paling sering. Sudah jadi langganan.

Apa saja tugas pokok fungsi (tupoksi) humas? Tupoksi humas di antaranya adalah:

1. Mengelola Komunikasi

Humas menjembatani komunikasi antar guru, antara sekolah dengan orang tua, juga dengan sekolah lain. Jadi kalau ada informasi yang hendak disampaikan, biasanya humas yang membuat atau yang mematangkan informasi itu. Tidak kerja sendiri sih tetapi kerja bareng dengan kepala sekolah dan wakasek lainnya.

2. Mengelola Media Sosial Sekolah

Media sosial sekolah di antaranya Youtube, Instagram, Facebook, dan Twitter. Dibantu dengan guru lainnya saya mengisi dengan konten foto, video, dan desain grafis untuk informasi serta promosi sekolah. Untuk tugas ini humas harus bisa menguasai fotografi, videografi, dan jurnalistik. Kalau tidak bisa? Nah, humas bisa bekerja sama dengan guru lain. Mengajak tim untuk mengelolanya.

3. Optimalisasi Publikasi

Wakasek biasanya membuat artikel atau tulisan untuk website sekolah, yayasan maupun media online. Jadi saat ada kegiatan, wakasek humas bertugas membuat rilis berita lalu dikirimkan ke media online maupun media cetak. Idealnya bahkan sampai pada kegiatan kelas. Ya, jadi tidak hanya tingkat sekolah saja tetapi sampai pada unit terkecil. Misalnya kegiatan wali kelas dengan siswanya.

website sekolah supadilah

Terus Belajar, Tingkatkan Skill

Skill guru pun tak hanya tentang mendidik dan mengajar tetapi juga banyak sipil yang perlu dipelajari lagi zaman now yang semakin maju.

Untuk memperlancar tugas sebagai humas saya mengasah berbagai skill di antaranya jurnalistik, editing video, dan desain grafis. Untuk desain grafis saya menggunakan desain canva pendidikan. Canva premium bisa diakses secara gratis. Memang hanya dikhususkan untuk pendidikan atau guru atau sekolah.

Dalam mendokumentasikan video saya menggunakan smartphone saja. saat ini kamera smartphone pun sudah berkualitas tinggi. Untuk editing video saya menggunakan aplikasi Kinemaster.

Dokumentasi berupa tulisan, foto, poster, dan video. Dan untuk senjata mendokumentasikannya saya memiliki smartphone dan laptop (milik sendiri) serta kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) milik sekolah.

Meliput sebuah kegiatan

Sedangkan untuk copy writing, saya belajar dengan kursus online. Supaya skill menulis semakin terasah. Untungnya bisa dilakukan secara online. Jadi biayanya semakin murah karena tidak harus pergi ke tempat kursus. Coba kalau harus ke sana pasti memakan biaya transportasi yang besar. Selain itu dengan kursus online saya pun bisa menghemat waktu. Jadi belajar bisa dilakukan dari rumah saja. Bayangkan kalau tempat kursus itu ada di Jakarta tentu memakan waktu sehari atau dua hari untuk ke sana. Selama pandemi, pelatihan bisa dilakukan dari rumah saja. Jadi biaya yang dikeluarkan hanya untuk kebutuhan internet saja.

Kadang capek kadang senang menjalankan tugas sebagai humas. Tapi dipikir-pikir lebih banyak senangnya. Selain bisa meningkatkan skill, menjadi humas bisa punya kesempatan berbuat kebaikan untuk banyak orang.

Dokumentasi sekolah sangat penting. Bukan hanya untuk sekolah saja tetapi juga orang tua dan masyarakat. Misalnya saat ada kegiatan sekolah camping di gunung Bunder, Bogor. Orang tua aktif bertanya ke sekolah. Meminta foto atau video kegiatan anaknya.

Sebagai humas saya sering harus meliput kegiatan sekolah. Februari lalu saya mengantar anak ke Padang, Sumatera Barat untuk lomba. Selain menjadi guru pendamping saya mendokumentasikan kegiatan siswa. Tentu saja rilis kegiatan, foto, dan video. Itulah enaknya humas. Humas sering jalan-jalan. Anggap saja sebagai bonus humas. Hehe..

Apakah ada tantangannya?? Tentu saja ada.

 Orang tua yang anaknya ada kegiatan sekolah sering meminta update kegiatan mereka. Kadang mereka cerewet. Tapi cerewetnya tentu sebagai tanda sayang. Maka guru pun harus sering mengabari dan mengirim foto atau video anak.

Saat ada kegiatan sekolah di Sumatera Barat

Nah, permasalahannya, tidak selalu bisa cepat mengirim foto atau video. Karena bisa jadi terkendala internet. Kadang tidak ada sinyal seperti di gunung Bunder tadi.

Kadang juga file foto atau video itu terlalu besar. Apalagi kalau pakai DLSR, ukuran file itu kan besar. Apalagi  bisanya file satu kegiatan itu banyak. Memang awalnya bisa puluhan bahkan ratusan file. Baik foto maupun video. Lalu disortir untuk menjadi yang bagus-bagusnya saja. Tapi tetap saja banyak. Karena banyak yang bagus pula. Ukurannya sangat besar. Antara 8 – 20 GB totalnya.

Jadi biasanya saya mengirimkan kalau sudah di rumah saja. Begitu pun untuk konten di Youtube sekolah, saya menguploadnya saat di rumah. Memanfaatkan wifi dari IndiHome yang sangat kencang sehingga mumpuni untuk mengirim atau mengunggah foto dan video ke orang tua, Youtube, atau Google Drive.

Alat tempur saat meliput kegiatan

Solusi Internet Lancar, Hemat Pengeluaran

Webinar lancar berkat IndiHome yang mbois

Saya sangat terbantu dengan adanya internet cepat dari IndiHome. Di sekolah sudah sejak lama langganan. Sejak tahun 2021 lalu di sekolah sudah memasang wifi dari IndiSchool saat itu. Sampai sekarang masih berlangganan.

Sementara itu, di rumah langganan sejak 2020 lalu. Tepat dua pekan sebelum pandemi. Jadi saat pandemi datang dan harus melakukan pembelajaran jarak jauh, saya sudah siap dengan ketersediaan internet cepat. Kebutuhan internet yang cepat sangat membantu.

Lebih-lebih saat awal pandemi, kebutuhan internet semakin menita. Ya, sering kali ada video meeting.  Baik tentang kebijakan maupun strategi-strategi dalam pembelajaran jarak jauh. Awal pandemi banyak sekali kebijakan-kebijakan yang disampaikan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

Apala Dalam satu hari bisa 3 sampai 5 kali zoom meeting. Bukan hanya internet lancar yang dibutuhkan tetapi juga internet yang hemat. Dulu sebelum pasang wifi indihome dalam satu kali Zoom bisa menghabiskan 3 GB hingga 5 GB. Alokasi internet untuk satu bulan pun habis dalam satu pekan saja.

Saat beralih menggunakan wi-fi IndiHome justru menghemat pengeluaran internet. Kalau dulu kuota internet sebulan bisa 200 ribu sampai Rp 300 ribu. Itu kebutuhan saya sendiri.

Belum istri dan anak-anak. Total bisa Rp 500 ribu per bulan. Padahal itu pemakaiannya di hemat-hemat. Anak pun dibatasi menonton hiburan di YouTube.

Tapi dengan berlangganan wi-fi IndiHome, total pengeluaran hanya Rp 318.000 perbulan. Itu unlimited. Jadi kalau pun mau boros-boros mengakses YouTube film dan lainnya pun nggak harus mikir-mikir.

Apalagi pemasangannya pun gratis. Layanan IndiHome sangat memuaskan. Dengan berlangganan internet cepat dari internetnya Indonesia IndiHome yang bisa merasakan pengalaman Aktivitas Tanpa batas dengan berinternet cepat tanpa gangguan yang berarti.

Selama berlangganan sejak Maret 2020, saya merasakan hanya dua kali gangguan internet. Pertama saat ada gangguan kabel laut. Kedua, kabel putus karena terkena pohon tumbang. Dan layanannya pun sangat memuaskan. Jadi saat lapor dengan menelpon ke 147 responnya pun cepat.

Dengan dua kali lapor petugas dari IndiHome datang dengan cepat. Yang pertama memang sampai 2 jam lamanya. Yang kedua bahkan dalam hitungan 20 menit saja sudah datang.

Permasalahan pun segera ditangani.  Sehingga saya pun bisa dengan cepat bisa mengakses kembali layanan internet cepat IndiHome.

Acungkan jempol buat petugas IndiHome yang sedemikian sigap merespon keluhan pelanggan.

Petugas IndiHome sigap memperbaiki

IndiHome Latency Terbaik Di Antara Provider Internet Indonesia

Pada Desember 2021 Ookla merilis bahwa rata-rata kecepatan upload di Indonesia itu mencapai 19,7 Mbps. Wah, besar juga. Sementara itu, kecepatan download-nya 30,7 Mbps dengan rasio upload : download = 1 : 2. Kemudian, rata-rata latency-nya sebesar 17,0 ms.

Apa itu Latency? Kenapa penting tahu dan mempertimbangkan latency?

Jadi, latency itu adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan suatu data sampai ke tujuan. Latency diukur dalam satuan milisecond (ms). Sebaiknya angka latency harus mendekati angka nol. Jadi semakin kecil angka latency, semakin cepat waktu pengiriman data. Para gamers atau aktivitas video conference sangat membutuhkan akses internet yang cepat agar mendapatkan layanan internet yang  lancar.

Enciety Business Consult juga melakukan riset tentang Quality of Service (QoS) provider fixed broadband melalui Direct Observation di delapan kota di Indonesia yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar.

Perlu diketahui, riset tersebut bertujuan untuk  validasi perbandingan realisasi performa download speed yang dirasakan pelanggan dengan kecepatan download yang dijanjikan provider (%-throughput performance). Ringkasnya, sesuai tidak yang dijanjikan provider dengan kenyataannya. Riset ini dilakukan pada sembilan provider, yakni IndiHome, Biznet, CBN, First Media, Iconnet, MNC Play, MyRepublic, Oxygen, dan XL Home. Hasilnya dirilis oleh Enciety di awal Februari 2022. Lalu bagaimana hasilnya?

Dari segi kecepatan download, Paket 85 Mbps Biznet, pelanggan mendapatkan rata-rata kecepatan download sebesar 30,2 Mbps dengan throughput 36%. Lalu paket 50 Mbps MyRepublic pelanggan mendapatkan rata-rata kecepatan download 44,2 Mbps dengan throughput 88 persen. Sedangkan untuk IndiHome, dominan pelanggan paket 20 Mbps ke bawah mendapatkan rata-rata kecepatan download 20,6 Mbps dengan throughput 103 persen.

Memilih provider terbaik untuk mendapatkan pengalaman aktivitas tanpa batas sangat penting. Untuk itulah kita harus jeli. Memilih berdasarkan hasil riset dan data ilmiah itu membuat kita yakin. Dibanding promo yang mungkin belum terbukti kebenarannya.

Lalu bagaimana kalau sedang tugas dalam kegiatan humas di luar? Sementara saya harus realtime bahkan live untuk kegiatan sekolah? Ya, saya sering live untuk laporan ke sekolah. Akses internet lewat wifi IndiHome kan ada di rumah?

Nah, untungnya ada solusinya. Solusinya adalah dengan wi-fi.id seamless. Dengan layanan ini, kita bisa menikmati koneksi otomatis jaringan luas Wifi.id dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps. Biayanya pun sangat sangat terjangkau. Hanya dengan Rp10.000 per bulan untuk tiap perangkat, kita bisa tersambung langsung dengan ribuan titik Wifi.id di seluruh Indonesia tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali.

IndiHome Solusi Beragam Kebutuhan Keluarga

IndiHome menyediakan layanan digital yang menyediakan Internet, Telepon Rumah dan TV Interaktif/IPTV (IndiHome TV) dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Jaringan IndiHome telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih baik bagi masyarakat. Inilah beberapa penawaran paket IndiHome yang tepat untuk aktivitas tanpa batas kita.

2P (Internet + Phone) Penawaran Khusus

 Dengan harga istimewa, mulai dari Rp275.000, kita bisa menikmati internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Tersedia gratis menelpon hingga 100 menit, lho. Biaya per bulannya pun terjangkau. Maksimal Rp. 445.000 per bulan.

2P (Internet Phone) Paket Pelajar, Pendidik dan Jurnalis

Khusus untuk pendidikan dan jurnalistik. Layanan internet cepat dan stabil mulai dari Rp255.000 per bulan, kita bisa dapatkan akses puluhan channel TV interaktif dengan beragam konten edukatif dan menginspirasi, serta bebas akses aplikasi IndiHome Study.

2P Internet + Phone (Dengan Disney+ Hotstar)

layanan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) kini hadir untuk Anda. Untuk Paket 2P (Internet + Phone), Anda bisa bebas pilih kecepatan internet hingga 100 Mbps mulai dari Rp300 ribuan. Langganan sekarang dan dapatkan beragam bonusnya.

IndiHome Mbois untuk Aktivitas Tanpa Batas

Layanan internet cepat IndiHome ini benar-benar mbois. (Kalau ingat mbois seketika saya teringat masa kecil dulu. Ya, dulu sewaktu kecil hingga remaja saya begitu akrab dengan kata mbois). Mbois itu bahasa anak gaul yang artinya keren atau sangar. Pas betul buat menggambarkan internet cepat dari IndiHome yang memang mbois, cah!

Masyarakat pun percaya pada layanannya. Pelanggan IndiHome semakin bertambah saja. Pandemi Covid-19 menjadikan IndiHome sebagai primadona. Termasuk di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) yang selalu naik pelanggannya.

Seperti yang disampaikan Deputy EVP Marketing Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra, Iwan Rusdarmono di Surabaya, saat pandemi terjadi lonjakan hingga 1.300-1.400 orang setiap harinya, khususnya pada periode 4 bulan pertama pandemi. Saat kondisi sudah normal, rata-rata penambahan pelanggan di wilayah Jatimbalinus mencapai sekitar 900 orang per hari. Wah, banyak banget masyarakat yang sudah merasakan mbois-nya internet IndiHome.

Memang saat ini internet telah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari internet. Aktivitas kita selalu bertambah. Inovasi-inovasi selalu muncul seiring kemajuan teknologi. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mendukung aktivitas kita pula. Saatnya menikmati aktivitas tanpa batas dengan berinternet cepat dari IndiHome, internetnya Indonesia.(*)