Pilih Laman

Beragam Manfaat Asuransi

Tugu Insurance, Asuransi Nomor 1 di Indonesia

 

Dalam hidup, banyak sekali ketidakpastian. Segala sesuatu tidak pasti kecuali ketidakpastian itu sendiri, begitu kata Albert Einsten.

Karena tidak pasti itulah sebaiknya kita menyiapkan berbagai hal sebagai langkah antisipasi. Sedia payung sebelum hujan. Bersiap terhadap berbagai hal yang mungkin saja bisa terjadi. Manfaat apa saja yang ditawarkan Tugu Isurance sebagai perusahaan asuransi umum nomor satu di Indonesia?

Pekan ini kami berduka. Sekolah, almamater kampus, dan organisasi berduka. Seorang guru meninggal dunia. Tepatnya pada Kamis, 25 November 2021.  Ya, belum lama ini.

Berita itu mendadak sekali. Seakan tak percaya menerimanya. Padahal, jam 10 masih sempat berkomunikasi lewat WhatsApp. Kondisi beliau sehat. Umurnya juga belum sepuh. Sekitar 40-an tahun. Namun, pukul 13.00 siang itulah datang berita yang sungguh mengejutkan. Beliau meninggal dunia akibat kecelakaan.

Semua orang yang mendengar berita duka itu hampir tidak percaya. Semua merasa kehilangan. Sebab sosoknya dikenal sebagai sosok yang santun, dekat dengan setiap orang, ringan tangan kepada siapa pun, dan rajin beribadah.

Namun, semua juga harus sadar bahwa maut tidak memandang usia. Banyak orang tua meninggal, banyak juga anak-anak meninggal. Maut bisa kapan saja menghampiri. Tidak pandang apakah orang itu jahat atau baik.

Trenyuh sekali dengan ujian ini. Karena beliau meninggalkan istri dan 4 orang anaknya. 1 orang kuliah dan 3 orang di sekolah menengah.

Keempat anak itu kini menjadi yatim. 🙁

Segera saja terlintas bagaimana dengan nasib keluarga yang ditinggalkan. Bagaimana nanti mencari nafkahnya?

Ada satu pertanyaan yang yang belum ketemu jawabannya apakah beliau menggunakan asuransi?

Mengingat kalau pakai asuransi tentu ada ada santunan yang akan diberikan. Menjadi pelipur lara dan membantu mengurangi kesedihan keluarga yang ditinggalkan. Sebetulnya saya pun tidak yakin pakai asuransi atau tidak. Tapi lebih ke tidak. Ah, coba saja kalau….

Ada kisah yang jadi perbandingan. Sekitar 3 bulan lalu sekolah kami juga mendapatkan ujian duka. Istri salah seorang guru meninggal dunia. Beliau meninggal saat sedang bekerja di sebuah rumah sakit.

Entah karena penyakit apa. Beliau meninggal setelah beberapa minggu sakit. Beliau meninggalkan 3 orang anak yang masih kecil-kecil. Paling besar baru di kelas 4 sekolah dasar.

Saya dengar  keluarga berduka dapatkan santunan sekitar belasan juta. Saya tidak bertanya juga dari asuransi mana. Karena sedang dalam kondisi berduka. Jadi tidak elok bertanya hal yang demikian.

Namun cerita yang ini masih ‘mendingan’. Karena yang meninggal adalah sang istri. Tentu seorang suami dirasa lebih siap dan sigap untuk mencari nafkah menghidupi anak yang ditinggalkan.

Saya jadi membandingkan dua kisah ini. Kisahnya agak kontra. Sosok perempuan yang ditinggal suami tanpa apa santunan dibanding seorang laki-laki ditinggal istri dengan adanya santunan.

Tapi apapun itu kondisinya kehilangan selalu memantik duka dan air mata. Tidak ada kebahagiaan dalam kehilangan. Tidak ada orang yang berharap ditinggalkan orang yang dicintainya.

Dalam hidup, banyak sekali ketidakpastian. Segala sesuatu tidak pasti kecuali ketidakpastian itu sendiri, begitu kata Albert Einsten. Tidak hanya dalam masalah kesehatan maupun kejiwaan, ketidakpastian juga pada berbagai aktivitas kita seperti bisnis, pekerjaan, kepemilikan harta, perjalanan, dan lainnya.

Sedia Payung Sebelum Hujan,

Pilih Asuransi, Anstisipasi Berbagai Kemungkinan

Karena tidak pasti itulah sebaiknya kita menyiapkan berbagai hal sebagai langkah antisipasi. Sedia payung sebelum hujan. Bersiap terhadap berbagai hal yang mungkin saja bisa terjadi.

Salah satu langkah ‘menyiapkan payung’ adalah memiliki perlindungan dengan asuransi.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan dalam bentuk mengganti atau mengurangi kerugian.

Mengenal Asuransi Umum

Saat ini produk asuransi yang ada di pasaran sangat beragam. Banyak yang mengira asuransi umum adalah asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

Padahal, asuransi umum adalah asuransi yang memberikan manfaat berupa ganti rugi kepada tertanggung jika terjadi kerusakan, pencurian, kerugian bahkan kehilangan pada harta benda. Asuransi ini mengasuransikan segalanya selain dari kehidupan manusia, seperti property, mobil, sepeda, kesehatan, perjalanan dan lain-lain.

Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

Tugu Insurance adalah menjadi perusahaan asuransi umum nomor satu di Indonesia memberikan ‘payung’ untuk perlindungan asset Anda. Kredibilitas Tugu Insurance tidak diragukan lagi. Berdiri sejak 25 November 1981, Tugu Insurance dengan semangat Reaching New Heights terus memberikan inovasi.

Tugu Insurance memiliki tata nilai perusahaan 6C yiatu Clean, Committed, Capable, Creative, Collaborative dan Customer Focused memberikan kesempatan kita untuk bebas rasa khawatir dari berbagai ketidakpastian hidup.

Tugu Insurance berkantor pusat di Jakarta dan saat ini memiliki 11 kantor cabang siap memberikan pelayanan asuransi terbaik kepada pelanggan.

3 Produk Terbaik Tugu Insurance

Tugu Insurance terus memberikan layanan perlindungan terbaik melalui berbagai produk asuransi tepercaya. Ada 3 produk terbaik Tugu Insurance yang dapat kita pilih sebagai perlindungan terbaik untuk kita.

1. Asuransi Korporasi

 

Dalam berbisnis kita menghadapi berbagai kemungkinan. Bisnis bisa naik dan turun bahkan gulung tikar  Penyebabnya pun beragam. Selain karena dinamika bisnis, penyebabnya bisa karena bencana. Bencana yang disebabkan manusia atau karena alam. Asuransi korporasi yang dimiliki Tugu Insurance menawarkan jaminan risiko kerugian atas aset bangunan serta isi bangunan perusahaan. Hal ini memberikan kenyamanan atas usaha kita.

Tidak dibayangi risiko kerugian yang lebih besar. Semakin mengamankan dalam menjalankan usaha. Selain perlindungan properti, Tugu Insurance juga memberikan kesempatan asuransi pada usaha/perusahaan di bidang energi, kelautan, penerbangan dan satelit, rekayasa, kredit & penjaminan, kesehatan, tanggung gugat dan lainnya.

2. Asuransi Retail

 

Tugu Insurance memiliki beberapa produk untuk asuransi retail. Ada Asuransi Tdrive comprehensive, yaitu jaminan perlindungan yang diberikan kepada roda empat jika terjadi resiko kehilangan atau kerusakan sebagian atau keseluruhan yang diakibatkan karena kecelakaan, tertimpa suatu benda atau karena benturan.

Lalu ada Asuransi Tdrive TLO, yaitu jaminan perlindungan yang diberikan kepada roda empat jika terjadi resiko kehilangan atau kerusakan diatas 75% yang diakibatkan karena kecelakaan, tertimpa suatu benda atau karena benturan.

Sementara itu, untuk syarat pengajuannya adalah sebagai berikut.
1. Usia kendaraan maksimal 8 tahun untuk perlindungan komprehensif
2. Usia kendaraan maksimal 15 tahun untuk perlindungan TLO
3. Usia peserta 17-55 tahun
4. Memiliki surat-surat kendaraan aktif
5. Penggunaan kendaraan di wilayah Indonesia

Asuransi kecelakaan ini sangat penting. Sebab, data kecelakaan cukup besar. Data Korlantas Polri menunjukkan bahwa jumlah kecelakaan tahun 2020 turun sekitar 14 persen. Pada tahun 2018, jumlah kecelakaan yang terjadi sebanyak 109.215, pada 2019 naik menjadi sebanyak 116.411, sedang 2020 turun menjadi 100.028. Meskipun angkanya turun, tetap saja angka tersebut menjadi fakta bahwa kecelakaan kendaraan bermotor sangat besar.

3. Asuransi Syariah

 

Bagi Anda yang menghendaki asuransi syariah, Tugu Insurance menyediakan produk asuransi yang dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Bagi para nasabah, Tugu Insurance menawarkan perlindungan kecelakaan diri untuk periode satu tahun dengan limit sebesar Rp 10 juta.

Asuransi ini pun berlaku untuk alat berat, kecelakaan diri haji/umroh, pengangkutan, dan lainnya.

Asuransi untuk perjalanan ini sangat penting. Sebab, jumlah kecelakaan penerbangan Indonesia sangat besar. Indonesia berada di urutan ke-8 terbanyak kecelakaan penerbangan. Sehingga, mengantisipasi berbagai kemungkinan dengan asuransi perjalanan ini menjadi pilihan tepat.

Begitu pula dengan kecelakaan kerja. Menurut data dari Kementerian Pekerjaan, terjadi kecelakaan kerja sebanyak 177.000 kasus. Sementara, pada 2019 jumlah kecelakaan kerja 114.000 kasus kecelakaan. Meskipun turun, angka ini tergolong tinggi.

Untuk mendapatkan layanan ini, kita hanya bisa melakukan pembelian produk Asuransi Mobil, Asuransi Motor, atau Asuransi Kebakaran Syariah melalui website www.tugu.com atau melalui aplikasi Mypertamina dengan minimum premi/ kontribusi sejumlah Rp 101.010.

Tugu Insurance, Perusahaan Asuransi

Terbaik di Era 4.0

 

Di era revolusi industry 4.0 yang serba digital, Tugu Insurance memandang penting digital sebagai kekuatan utama. Tugu Insurance menghadirkan inovasi digital sebagai jawaban era digitalisasi.

Perusahaan yang mendapatkan penghargaan “The Best Brand Image in General Insurance”pada Oktober 2021 lalu berkomitmen memberikan layanan berkualitas dan kemudahan akses daring secara cepat kapan saja dan dimana saja.

Salah satunya dengan penggunaan aplikasi asuransi tfriends yang dikeluarkan oleh PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Maka, menggunakan layanan asuransi pun semakin aman dan nyaman untuk berbagai aktivitas.

Sumber Referensi:

https://tugu.com/

https://keuangan.kontan.co.id/news/tugu-insurance-raih-penghargaan-the-best-brand-image-in-general-insurance

https://www.merdeka.com/uang/kemenaker-catat-kecelakaan-kerja-di-2020-naik-menjadi-177000-kasus.html

https://money.kompas.com/read/2021/04/03/132029926/pengertian-asuransi-manfaat-dan-jenisnya#

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta.