Pilih Laman

UMKM Bertumbuh & Melesat Bersama Widya Analytic

Yang namanya data itu sangat penting, Sob. Sudahkah kamu menyadarinya? Bahkan, presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan data akurat adalah kekayaan baru yang sangat berharga saat ini. Nilainya bisa lebih berharga daripada minyak. 

“Data ini adalah jenis kekayaan baru. Saat ini data adalah new oil, bahkan lebih berharga dari minyak. Data yang valid menjadi salah satu kunci pembangunan,” Presiden Jokowi.

Jadi, apapun profesi kamu, akan lebih keren kalau tindakannya didasarkan pada data.

Dari Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI), “Data adalah bukti yang ditemukan dari hasil penelitian yang dapat dijadikan dasar kajian atau pendapat”.

Bukan didasarkan pada kirologi atau hasil kira-kira. Begitu juga dalam dunia usaha. Aktivitas usaha kalau didasarkan pada data, tindakan yang bisa kita ambil akan lebih akurat. Dan hasilnya pun lebih tepat.

Mengenal Data & Manfaatnya

Untuk Usaha

Tanpa data, kita hanya bisa menerka-nerka. Kalaupun mendapatkan hasil, hasilnya tidak maksimal, karena didapat dari learning by accident atau belajar dari pengalaman. Kita akan banyak mengalami kegagalan, coba-coba, dan perkiraan yang meleset. 

Tentu lebih baik jadi kita bisa mendapatkan sesuatu tanpa melalui kesalahan dulu. Nah, ini bisa dilakukan dengan learning by data.

Apa itu data? Data merupakan sebuah entitas yang mengandung informasi, fakta, dan pengetahuan. 

Nah, kata Mas Faris Yusuf Bachtiar dalam sebuah webinar yang diadakan oleh Widya Analytic, batu bagi orang keuangan bukan merupakan data, tapi bagi geologis batu merupakan data. Sebaliknya, invoice bagi orang keuangan adalah data, tapi bukan data bagi geologis.

Data bisa didapat dari observasi, pengamatan, penelitian, dan monitoring bentuknya bisa tulisan (literasi), numerik atau angka, citra atau gambar, sinyal atau suara, maupun benda bernilai informasi lainnya.

Data itu bisa terbagi dua jenis, Sob. Pertama, data terstruktur. Data terstruktur memiliki struktur seperti row dan coloum, punya struktur parameter contohnya tabel Excel, Json dan lainnya.

Kedua, data  tidak terstruktur. Data ini tidak memiliki struktur yang jelas. Contohnya seperti citra, video, PDF, dan audio.

Sob, tanpa data kita seperti kehilangan arah dan hanya menerka-nerka.

Maka, manfaat data itu banyak sekali, lho. Dengan data yang akurat kita bisa mendapatkan informasi yang akurat, mendapatkan visualisasi data, melakukan analisis prediktif, mampu mengambil keputusan yang efektif.

Bisnis kita harus terus eksis. Harus terus dijalankan dan dikembangkan. Karena itu pula yang memberi manfaat untuk kita. Bisnis itulah yang menjadi sumber penghasilan, menambah penghasilan, memberi nafkah keluarga, hingga untuk jaminan masa depan.

Ternyata Sob, mendirikan bisnis itu gampang, tapi menjalankan dan mengembangkannya serta mempertahankannya itu yang lebih berat. Kita nggak mau kan cuma mendirikan bisnis tapi nggak berkembang atau nggak maju-maju.

Agar berkembang atau maju, kita harus melakukan promosi untuk bisnis kita. Ya, setelah punya bisnis bukan berarti pekerjaan kita selesai. Ada pekerjaan yang juga tidak kalah penting yaitu promosi. Promosi ibarat menjadi senjata buat pengembangan bisnis.

Sudah pasti jelas ya Sob namanya jualan itu harus perbanyak penawaran. Tapi, penawaran ini tidak asal penawaran kan. Kita harus punya strategi yang tepat sehingga penawaran yang dilakukan pun membuahkan tepat sasaran pula.

Bisa sih kalau kita mengandalkan hasil dari nebak-nebak. Misalnya dengan mengamati pasar atau situasi yang sedang terjadi. Tapi ya itu tadi, sifatnya bongkar pasang. Pakai strategi ini, kalau gagal pakai strategi yang lain. Dengan sistem seperti ini bakal besar pula pengorbanan bahkan kerugian kita. Ya karena coba-coba itu.

Pentingnya Melibatkan Teknologi

Saat ini teknologi semakin maju. Transformasi Digital semakin berkembang pesat. Saat ini setiap aktivitas kita selalu melibatkan teknologi. Ya, teknologi ada di berbagai bidang. Sepakat ya Sob?

Jualan tidak lagi menggunakan toko dalam bentuk fisik tapi menggunakan toko online. Ya dengan menggunakan internet kita bisa meningkatkan dan membesarkan usaha kita.

Bahkan kita bisa menggunakan media sosial untuk jualan. Apa saja media sosial yang bisa kita gunakan untuk jualan? Ya semua media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan lainnya.  

Media sosial itu bisa bersifat pribadi dan bisnis. Bahkan media sosial yang bersifat pribadi pun bisa digunakan untuk bisnis. Tapi akan lebih maksimal kalau media sosial bisnislah yang kita gunakan untuk jualan karena ada fitur-fitur lain yang tidak ada dalam akun media sosial pribadi.

Strategi jualan lewat media sosial pun ada ilmunya. Aku pernah mengandalkan coba-coba aja dalam jualan lewat media sosial. Aku punya bisnis produk kesehatan. Aku pun menggunakan media sosial untuk jualan.

Awalnya nya coba-coba menggunakan media sosial itu. Orang sedang trend sesuatu aku pun menggunakannya. Misalnya sedang booming carousel Instagram, akupun bikin corousel. Sedang booming Reels, aku pun bikin Reels. Tapi karena belum tahu ilmunya, dampak bagi bisnis pun tidak signifikan.

Pasar Potensial Bernama Media Sosial

Percaya nggak kalau media sosial itu pasar yang sangat luas. Pada Januari 2022, terdapat 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada awal tahun 2022 setara dengan 68,9 persen dari total populasi. Analisis Kepios mengungkapkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia meningkat 21 juta (+12,6 persen) antara tahun 2021 dan 2022. Media sosial menjadi pasar yang sangat potensial. Sepakat, Sob?

Dari data sumber periklanan Meta, Facebook memiliki 129,9 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Jumlah ini tentu sangat besar sekali ya.

Masih di awal tahun 2022, dengan persentasi 44,0 persen audiens iklan Facebook di Indonesia adalah perempuan , sedangkan 56,0 persen adalah laki- laki.

Sementara itu, Instagram memiliki 99,15 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini menunjukkan bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia setara dengan 35,7 persen dari total populasi di awal tahun.

Namun, Instagram membatasi penggunaan platformnya untuk orang berusia 13 tahun ke atas. Nah, pada awal tahun 2022, 52,3 persen audiens iklan Instagram di Indonesia adalah perempuan , sedangkan 47,7 persen adalah laki- laki.

Jumlah ini dipastikan bertambah ke depannya, Sob. Kenapa? Semakin banyak anak-anak Generasi Z (Gen Z) yang lahir di era digital membuat pengguna media sosial Indonesia meningkat pesat. Lalu kondisi geografis negara kita yang berbentuk kepulauan membuat media sosial menjadi sarana sangat efektif dalam menyaluran informasi.

Sob, sudah merasa maksimal jualan di media sosial tapi hasil belum optimal? Udah mencoba beberapa strategi tapi masih boncos? Sama dong. Hehe.. Mungkin kita salah strategi ya. Kalau strateginya pas, hasilnya pasti bikin puas.

Dalam mendapatkan data yang bermanfaat banget untuk bisnis kita, harus bersinergi dengan mitra yang tepat. Nah, mitra yang tepat dalam urusan pada Big Data ini adalah Widya Analytic.

Inilah bisnis yang sedang aku jalankan, bisnis produk kesehatan British Propolish.

Zaman now jualan online lebih murah. Biayanya lebih murah daripada jualan offline yang harus membutuhkan toko fisik. Sekarang ini kalau sewa toko fisik biayanya nggak murah. Bisa Rp. 20-30 juta. Baru mau usaha sudah keluar uang sebanyak itu. Belum lagi buat modal penyediaan barangnya, lho.

Kalau jualan online hanya membutuhkan modal di bawah satu juta. Bahkan bisa gratis kalau kita sudah punya media sosialnya.

Selain itu jualan online bisa dikerjakan dari rumah. Kerjanya pun lebih fleksibel baik dalam segi waktu maupun manajemennya.

Widya Analytic, Sebuah Solusi Bagi UMKM

Widya Analytic adalah Startup Big Data Analytic, menyediakan teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang bisa dioptimalkan untuk proses bisnis dan aliran pendapatan usaha atau bisnis.

Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau istilah kerennya AI (Artificial Intelligence) Widya Analytic membantu UMKM bertumbuh dan melesat di era teknologi.

Widya Analytic percaya bahwa data adalah sumber daya yang paling menentukan dan paling akurat yang dapat membantu usaha untuk membuat keputusan strategis.

Hal ini menjadikan usaha menjadi lebih unggul dan kompetitif. Widya Analytic memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dan Big Data untuk mengoptimalkan bisnis dan aktivitas masyarakat.

Data yang dimiliki bisa untuk memberikan prediksi yang akurat, wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan bantuan untuk pengambilan keputusan bisnis.

4 Layanan Widya Analytic

Strategi merupakan bagian penting dalam kegiatan apapun. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, strategi yang tepat bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Nah, buat kita para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), ada 4 layanan dari Widya Analytic yang bisa buat usaha kita melesat cepat. Kenalan yuk!

  1. Toba Data

Toba Data menggabungkan data dari berbagai sumber lalu diolah untuk menyediakan akses dan pengiriman data yang konsisten kepada pengguna. Data ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi semua aplikasi dan proses bisnis.

2. Toba Apps

Toba App merupakan layanan pengembangan aplikasi untuk web dan seluler. Toba Apps juga melayani pengembangan sistem dan integrasi data untuk berbagai use case. Integrasi data ini dapat menggunakan berbagai metode dan platform, seperti Data Warehouse berbasis SQL, NoSQL, Big Data atau menggunakan sistem integrasi klasik.

3. Toba Algo

Toba Algo merupakan layanan pengembangan algoritma berbasis kecerdasan buatan yang berfokus pada Natural Language Processing.  Toba Algo menyediakan sistem rekomendasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Algoritma ini dapat digunakan sebagai mesin dari suatu aplikasi atau sistem yang terintegrasi.

4. Toba Labs

Toba Labs merupakan layanan dari Toba yang mewadahi konsultasi, kolaborasi, dan akademi. Layanan ini berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan berbasis NLP, sistem rekomendasi, big data, dan analisis data.

Semakin Maksimal Kelola Media Sosial dengan Toba.AI

Strategi dan target itu harus terukur. Jadi bukan asal action yang bikin target malah hancur. Termasuk mengelola media sosial. Sebaliknya, pengelolaan media sosial semakin maksimal dengan bantuan Toba.AI.

Dengan menghubungkan akun Instagram bisnis kita bakal mendapat analisis yang keren dengan menggunakan Toba.AI. Siapa saja yang bisa menggunakan Toba.AI ini? Toba.AI ini bahkan cocok buat para content creator, influencer, UMKM atau bloger baik expert maupun pemula yang menggunakan instagram sebagai media aktivitasnya.

Pengguna Instagram sangat besar. Angka 99,15 juta pada awal tahun 2022 merupakan pasar yang sangat besar. Namun, promosi di Instagram bisa boncos kalau nggak ngerti strateginya, Sob. Untuk memilih strateginya, kita harus punya data yang akurat. Nah, Toba.AI memberikan banyak layanan dalam pengelolaan Instagram buat lesatkan bisnis kita.

1. Cek Kompetitor

Kita bisa tahu konten terbaik milik sendiri, bahkan milik competitor.  Lalu bisa memutuskan membuat konten apa sehingga mendapatkan jangkauan yang lebih luas

2. Engagement per Hashtag

Penggunaan hastag sangat menentukan jangkauan akun. Toba.AI memberitahu hashtag yang paling berpengaruh untuk konten Instagram sehingga semakin mudah terhubung dengan target audiens

3. Monitoring Audience

Kita bakal dikasih tahu dengan detal siapa saja yang mengikuti akun IG kita. Dengan detail seperti rentang umur, jenis kelamin, hingga domisilinya. Nah, dengan begitu kita bisa memilih konten dengan tepat supaya konten yang kita buat semakin disukai lagi.

4. Insight permedia

Toba.AI memberitahu like, comment, reach dan impression dalam satu konten kita. 

5. Waktu follower aktif

Hebatnya nih, kita bakal mendapatkan informasi tentang waktu aktif follower buat nentuin jam posting yang tepat.

Nama Toba digunakan oleh Widya Analytic sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan alam Indonesia, yaitu Danau Toba. Filosofinya, Toba.AI ini sebagai kolam data yang mengandung banyak data yang dapat digunakan dan bermanfaat untuk masyarakat. Keren! Toba.AI sebagai aplikasi analisis Instagram yang bertujuan untuk memudah  UMKM Indonesia dan membantu Go digital.

Toba.Ai menyediakan berbagai kemudahan menampilkan data. Dari data yang didapat dari media sosial kita, Toba.Ai memberikan insight untuk media sosial kita. Dengan tampilan data yang mudah dipahami kita jadi tahu konten apa yang harusnya dioptimasi. Terjadi peningkatan dalam penetrasi media sosial dengan data dari Toba.Ai

Bertumbuh dan Melesat Bersama Widya Analytic! Let’s do it!

Erick Thohir, pengusaha sukses dan Menteri BUMN juga bilang semua jenis usaha harus bertransformasi digital, apapun bisnisnya, lakukan inovasi berkelanjutan. Semakin hari persaingan di dunia usaha semakin keras. Setiap pelaku usaha terus berinovasi. Hal ini wajar kan Sob, sebab setiap orang pasti pengen usahanya tumbuh.

Inovasi tiada henti terus dilakukan setiap hari. Dalam dunia usaha kita tidak sendiri. Ada kompetitor kita yang semakin memacu diri.

Nah, kalau kita tidak juga berinovasi, kita bakal kalah. Kita hanya bisa jalan di tempat, saat orang lain berlari.

Widya Analytic melalui berbagai layanan yang salah satunya adalah Toba.AI memberikan panduan (guidance) yang memberikan insight menumbuhkan bisnis kita. Ini kesempatan untuk melesatkan bisnis. Toba.AI ibarat peta yang memberikan rekomendasi jalan dan rambu-rambu pada kita untuk lewat jalan mana, jalur yang mulus, bahkan rute yang harusnya kita hindari. Widya Analytic tentunya mitra yang tepat untuk UMKM bertumbuh dan melesat. (*)

Referensi Tulisan:

Website Widya Analytic

https://widyaanalytic.com/wamendag-kunjungi-kantor-widya-analytic-sebagai-support-untuk-stratup-digital/.

https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/22/2022-pengguna-media-sosial-indonesia-mencapai-125-juta