…..

Website Aman

dengan Sertifikat SSL dari SSL Indonesia

Suatu hari ada orang tua yang menanyakan informasi sekolah. Beliau mau mendaftarkan anaknya. Sebagai panitia pendaftaran siswa baru (PSB), saya memberikan informasi sekolah melalui website sekolah. Dengan percaya diri saya berikan link website sekolah kepada calon orang tua.

“Baik, Pak. Saya kirimkan juga website sekolah. Di sana ada banyak informasi tentang sekolah kami. Semoga menambah informasi tentang kami.”

Namun tidak berapa lama, beliau mengirim pesan kembali kepada saya, 

“Pak ini sudah benar websitenya? Kok ada tanda seru kuning begini? Terus katanya tidak aman,”

Beliau mengirimkan gambar screenshot tentang website sekolah yang membuat saya bertanya-tanya juga. Maklum saat itu masih belum tahu tentang per-website-an.

“Wah sebentar ya, Pak. Saya tanya ke operator dulu. Semoga bapak berkenan menunggu. Atau mungkin di lain hari mengaksesnya lagi supaya memastikan sudah aman websitenya.”

“Iya, Pak. Silakan.”

Beberapa waktu kemudian saya dilanda kebingungan. Ternyata tak cukup sejam dua jam tetapi dua hari baru masalah itu selesai.  Kejadian ini sebetulnya membawa dampak buat saya dan lembaga saya. Bisa jadi orang tua batal mendaftar karena tidak menemukan informasi atau kurang meyakinkan informasinya. Maka saya gerak cepat untuk meminta maaf kepada orang tua. Untungnya pula, beliau tidak buru-buru, karena penutupan PSB masih lama juga.  

Hufft. Lega. Akhirnya masalah website sekolah selesai. Website sekarnag bisa diakses dan menjadi sumber informasi bagi orang tua atau masyarakat tentang sekolah kami. Harusnya saya lega.

Namun, naas, setelah insiden itu malah saya yang dapat ‘jatahnya’. Saya mengalami inseden serupa. Kali ini terjadi di blog saya. Ya, selain mengelola website sekolah saya juga punya blog pribadi untuk sekedar menuliskan curhatan, membukukan catatan, atau mendokumentasikan kenangan.

Beberapa kali saya mengikuti lomba blog. Nah, suatu waktu blog saya disusupi virus.

Jadi ada seseorang yang memasukkan script ke blog saya. Sehingga muncul situs judi ketika judul artikel di-klik. Parahnya, artikel yang diretas ini adalah artikel lomba. Lalu saya kalang kabut mencari solusi karena tidak tahu cara mengatasinya.

Isi artikel hilang, cuma ada judulnya, padahal ini artikel lomba. Jadi ada yang dipertaruhkan. Butuh beberapa jam kemudian baru ketemu solusinya. Saya pun mengeluarkan sejumlah dana untuk insiden ini. Ditambah lagi, di akhirnya artikel saya belum juara.

Entah karena memang tidak layak atau karena artikel kosong tadi. Jadi saat juri akan menilai beliau tidak menemukan artikel yang akan dinilai. Duh..nasib! Rasanya kesel dan pasrah bercampur aduk.

Tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Nasi sudah jadi bubur. Seharga itulah yang harus dibayar dari pengalaman itu.

Dari dua insiden di atas menyadarkan saya pentingnya memiliki website aman. Salah satu keamanan yang penting untuk website adalah adanya SSL atau Secure Socket Layer. Apa itu SSL? SLL adalah teknologi berbentuk sertifikat yang diinstall pada server dan berfungsi melakukan enkripsi terhadap lalu lintas data antara server dengan web browser. Tanda website yang sudah terpasang SSL itu ada gembok hijau atau https pada alamat URL situs.

Nah, SSL akan menjamin keamanan sambungan antara server pemilik website dengan pengunjung situs website. SSL menciptakan sebuah link terenkripsi antara sesi browser dengan web server.  Standarisasi keamanan website dengan adanya SSL ini berawal di tahun 2014. Browser akan melakukan pencegahan masuk ke website yang tidak memiliki SSL.

Keberadaan SSL akan melindungi komunikasi website serta informasi pribadi yang melakukan transaksi online pada website. Website apapun haruslah memiliki SSL agar lebih terjamin, aman, dan kredibel. Tak hanya pengunjung tetapi juga menguntungkan bagi pemilik. Ya, baik website pendidikan, bisnis, pribadi, dan lainnya pasanglah SSL. Lha, memangnya apa saja manfaat SSL? Yuk lanjutkan di ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Website yang menggunakan sertifikat SSL akan dipercaya pengguna website. Orang yang berkunjung ke website akan yakin kalau website tersebut dapat dipercaya. Pada umumnya website yang sudah menggunakan sertifikat SLL ditandai dengan https:// (hyper Text Transfer Protocol Secure) atau berupa gembok hijau pada url website.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini semakin banyak media online bermunculan. Jika tidak dibarengi dengan keamanan yang terjamin akan membuat pengguna ragu-ragu bahkan batal berkunjung atau memanfaatkan website kita.

Ya mirip gembok pada umumnya. Rumah yang digembok membuat pemilik rumah merasa aman meninggalkannya. Tidak takut ada maling yang masuk ke rumah. Motor yang dikunci ganda dengan gembok membuat pemiliknya semakin aman, tidak takut diambil maling. Diibaratkan gembok itulah, SSL memberikan kenyamanan kepada sang pemilik, juga pengunjung.

Apalagi jika website kita adalah website bisnis. Sertifikat SSL sangat penting untuk meyakinkan bahwa mengunjungi website kita itu aman dan nyaman.

SSL menjadi standar keamanan situs web dengan cara mengenkripsi lalu lintas atau pertukaran data antara web klien dengan web server, atau dari web browser ke situs web.

 

 

 

 

 

 

 

2. Membuat Pengunjung Percaya

Sertifikat SSL akan menjamin sebuah website aman. Berkunjung ke sebuah website sudah terpasang gembok membuat pengunjung yakin bahwa website itu aman. Hal ini karena sertifikat SSL akan melakukan otentikasi identitas situs website Anda, sehingga dapat melakukan klaim bahwa situs website tidak palsu. Sekarang ini banyak situs palsu yang berbahaya kalau dikunjungi. Saya kalau berselancar menemukan website yang ada tanda seru atau berbahaya langsung mengalihkan ke website lain. Anda juga sama kan? Ya, kalau ada website yang tidak memiliki SSL, menampilkan peringatan “Not Secure“, pasti kita merasa was-was. Sebaliknya, kalau sudah ada tanda gemboknya akan terus berselancar ke website tersebut.

 

 

 

 

 

3. Mendapatkan Rekomendasi dari mesin pencari google

Sejak tahun 2014, Google Chrome dan Mozilla Firefox resmi mengeluarkan konfirmasi bahwa situs website yang menggunakan sertifikat SSL akan lebih diutamakan dalam proses rangking SEO (search engine optimization). 

Hal ini membuat website kita akan direkomendasikan oleh Google jika ada pencarian dengan kata kunci yang sesuai. Nah, website kita berpeluang menjadi page one dalam sebuah pencarian mesin pencari Google.

Siapa sih yang nggak kepengen websitenya dipercaya Googel? Website kita akan banyak dikunjungi pula. Betul?

Mengenal Jenis-Jenis Sertifikat SSL Berdasarkan Jenis Validasi

Domain Validation (DV)

Merupakan memiliki tingkat enkripsi yang

Rendah. Perlindungan serta fitur yang ditawarkan juga sedikit. Sertifikat ini biasanya digunakan pada website yang tidak membutuhkan proses transmisi data sensitif dan hanya digunakan sebagai website informasi.

Organization Validation (OV)

Merupakan jenis sertifikat yang lebih aman dibandingkan dengan sertifikat jenis DV.  Cocok untuk website publik. Ada transmisi data yang sensitif seperti pertukaran password,  username. Syarat mendapatkannya pun lebih lengkap tentang data perusahaan seperti TDP, SIUP, akta perusahaan, dan sejenisnya.

Extended Validation (EV)

 

Jenis sertifikat ini biasanya untuk website yang melakukan transmisi data sensitif, melakukan pembayaran online, serta website yang memerlukan tingkat kredibilitas, kepercayaan lebih.

Mengenal Jenis-Jenis Sertifikat SSL Berdasarkan Jumlah Domain atau Sub Domain

Sertifikat SSL Single Domain

 

Sertifikat ini hanya melindungi satu nama domain utama atau satu sub domain saja. Jadi hanya salah satu antara domain atau sub domain yang bisa dilindungi.

 

 

Sertifikat SSL Wildcard

 

SSL wildcard dapat melindungi satu domain utama dan unlimited sub domain. Sertifikat jenis ini

sangat cocok untuk Anda yang punya banyak sub domain utama pada website.

 

Sertifikat SSL Multi Domain

 

Sertifikat ini dapat mengamankan beberapa domain utama dalam satu sertifikat yang sama.  Cocok untuk perusahaan yang mempunyai domain utama yang banyak. Untuk jumlah domain akan di batasi sesuai
dengan paket SSL diinginkan.

Amankan Website dengan Sertifikat SSL Indonesia

 

 

Sedemikian pentingnya sertifikat SSL untuk website kita. Yuk, segeralah melengkapi website dengan sertifikat SSL. Bukan hanya “Your Connection is Not Private”  tidak akan muncul tetapi membuat pelanggan atau pengunjung website akan merasa akan. Jika website kita adalah website bisnis, keamanan dan keyamanan itu bukan tidak mungkin akan menambah pundi-pundi cuan. Benarkan?

Nah, penyedia sertifikat SSL yang pas adalah SSL Indonesia.

SSL Indonesia merupakan Global Platinum Partners dari Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka di dunia termasuk Digicert, Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, Globalsign dan Sectigo Formely Comodo CA. Sebagai Digital Asset Protector, SSL Indonesia memberikan solusi layanan pengalaman online yang lebih aman.

Alasan Memilih SSL Indonesia

1. SSL GRADE A+ 100% Guarantee

SSL Indonesia akan membantu proses Instalasi serta proses konfigurasi Sertifikat SSL yang telah Anda beli di SSL Indonesia untuk mendapatkan tingkat konfigurasi SSL A+ (Sangat aman sekali). Grade ini sangat diakui oleh standard keamanan website oleh SSL Labs. Garansi ini berlaku pada seluruh sertifikat SSL yang telah di beli di SSL Indonesia

2. Harga SSL Terbaik

SSL menawarkan harga terbaik dengan fasilitas sesuai. Jika ada harga yang lebih murah dari yang ditawarkan, SSL Indonesia akan memberikan harga yang sama dengan tawaran tersebut. SSL Indonesia menyadari bahwa harga jadi pertimbangan juga bagi pelanggan. SSL Indonesia membeli sertifikat SSL dalam jumlah banyak dengan harga khusus lalu menawarkannya langsung kepada pelanggan sehingga didapat harga terhemat.

3. Enkripsi data terbaik

Layanan SSL merupakan layanan terbaik karena sudah menggunakan 2.048 bit token keamanan disertai hingga 256 enkripsi. Ini adalah tingkat keamanan tertinggi SSL untuk pelanggan Anda. SSL dari SSL Indonesia juga menggunakan teknologi Point-to-verify yang menunjukkan verifikasi data secara real-time dan akurat.

4. Berlaku di semua device dan browser

Layanan sertifikat SSL dari SSL Indonesia sangat terpercaya, teruji dan terbukti di seluruh dunia, dipercaya 99.9% populasi internet dan mendukung semua device (mobile, tab, desktop) dan browser populer.

5. Validasi Cepat

SSL Indonesia antri validasi rumit. SSL Indonesia menerapkan sistem validasi yang sangat mudah, cukup dengan menggunakan validasi domain saja.

6. Garansi 30 Hari Uang Kembali

SSL Indonesia menggaransi produknya dengan menawarkan 30 hari uang kembali. Kita hanya mengirimkan email. SSL Indonesia akan mengembalikan dana kita seluruhnya jika layanan rusak atau tidak memuaskan.  Wah, layanan yang luar biasa menjamin, ya. Pastinya hanya dengan kualitas terbaik dan tidak main-main dengan punya garansi ini.

7. Konsultasi Gratis

SSL Indonesia menyediakan fasilitas konsultasi secara gratis untuk Anda yang masih bingung dalam memilih produk SSL, proses instalasi serta proses konfigurasi sertifikat SSL. Hubungi admin SSL Indonesia untuk mendapatkan layanan ini. Layanan ini bukti komitmen SSL Indonesia untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

SSL Indonesia juga menyediakan TLS (Transport Layer Security) yaitu salah satu protokol keamanan internet yang dapat digunakan untuk melindungi data online. Sekarang ini banyak ancaman keamanan di dunia digital.

Nah, TLS memastikan bahwa data hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju, sehingga data tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang. 

TLS memiliki tiga fungsi utama dalam melindungi data online, yaitu enkripsi data, keaslian dan integritas data, dan otentikasi identitas server. SSL Indonesia menyediakan layanan TLS murah tetapi worth it untuk website kita.

Semakin Aman di Dunia Digital Bersama SSL Indonesia

SSL Indonesia adalah penyedia sertifikat SSL terbesar di Indonesia. SSL Indonesia memberikan solusi layanan pengalaman online yang lebih aman dengan layanannya berupa Sertifikat SSL, Digicert Secure Site, Sectigo Enterprise SSL, SSL murahTLS murah, dan lainnya. SSL Certificate sebagai kebutuhan website merupakan sebuah kebutuhan untuk menjamin berkunjung dan beraktivitas di dunia online semakin nyaman.

Media sosial SSL Indonesia