Pilih Laman

Saat ini semakin banyak orang yang punya mobil. Dalam berkendara di jalan raya kita harus hati-hati terhadap dua hal. Pertama, berhati-hati dalam mengendarai mobil. Dan kedua, berhati-hati dengan kemungkinan bahaya di jalan raya.

Karena bisa jadi kita sudah hati-hati tapi karena pengguna jalan lain tidak hati-hati maka bisa menimbulkan bahaya. Apalagi saat ini menjelang Idul Fitri kondisi lalu lintas semakin ramai. Coba deh kalau sedang berkendara di jalan raya, perhatikan lalu lalang kendaraan. Terasa lebih ramai, kan?

Selain itu kasus covid-19 yang sudah berkurang, membuat orang-orang semakin banyak yang bepergian. Baik pergi ke kantor maupun tempat rekreasi. Eh, saat Ramadhan ini, banyak juga yang sekadar ngabuburit.

Temans, di jalan raya tidak bisa kita prediksi. Ada banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi. Memang sih kita berharapnya selamat aman dan nyaman dalam berkendara. Tapi ya itu tadi kondisi di jalan tidak bisa diprediksi.

Sebaiknya kita mengantisipasi hal-hal apa saja yang bisa terjadi di jalan raya. Bahkan pada saat kita tidak sedang berkendara.

Kita sayang mobil kan? Mobil sebagai sarana transportasi yang bisa membuat mobilitas kita nyaman perlu kita jaga dengan sebaik-baiknya. Salah satu penjagaan itu adalah dengan mengasuransikan mobil. Ya, asuransi adalah cara agar pemilik kendaraan terhindar dari kerugian finansial yang lebih besar.

 

Mengenal Asuransi TLO (Total Loss Only)

Secara umum ada 2 jenis asuransi mobil. Salah satunya adalah asuransi mobil TLO. Apa itu asuransi mobil TLO? TLO adalah singkatan dari total loss only.

Ringkasnya, asuransi TLO mobil adalah asuransi yang memberikan jaminan penggantian biaya jika kendaraan hilang atau rusak dengan kondisi kerusakan di atas 75 persen. Banyak kesempatan mendapatkan asuransi TLO ini. Biasanya saat membeli mobil baru, kita akan ditawari asuransi TLO ini.

Misalnya nih kita sedang jalan-jalan lalu terjadi kecelakaan dengan kondisi kerusakan cukup parah atau hingga 75 persen maka kita bisa gunakan asuransi TLO ini. Atau, jika kendaraan kita hilang saat diparkir di tempat parkir atau di rumah, kita juga bisa mendapatkan klaim asuransi TLO ini.

Oke, harus jeli ya. Kondisi kerusakannya di atas 75 persen. Jadi, kalau rusak ringan tentu tidak bisa mengklaim. Kerusakan sebesar itu memang masuk kategori total loss atau kehilangan sepenuhnya karena memang hampir mustahil untuk memperbaikinya agar dapat berfungsi kembali.

asuransi TLO persentase

Keuntungan Asuransi TLO

Asuransi total loss only (TLO) lebih disarankan karena premi yang dibayarkan lebih terjangkau. Nah, jika kita ingin melakukan penghematan, asuransi TLO ini lebih dianjurkan jika dibanding dengan asuransi all risk. Asuransi all risk adalah asuransi yang menanggung biaya perbaikan mobil akibat kerusakan kecil ataupun kerusakan besar.

Selain itu, asuransi TLO biasanya dapat melindungi kendaraan yang usianya lebih tua lagi, bisa hingga 15 tahun. Jadi jika kita membeli mobil dari tangan kedua, asuransi TLO ini lebih tepat menjadi pilihan.

Saat membeli mobil baru biasanya kita ditawarkan asuransi mobil TLO atau asuransi all risk. Nah, pertimbangkanlah tawaran ini untuk banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Tentu temans tidak asing lagi dengan asuransi. Dalam banyak aktivitas kehidupan kita sering menggunakan asuransi. Mungkin kita juga sering ditawarkan atau mendapat informasi tentang asuransi. Dari banyaknya informasi tentang asuransi itu, kita perlu jeli dalam memilih asuransi.

Memahami Pentingnya Asuransi

Prinsip Asuransi adalah seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. Kita tidak tahu kapan hujan akan datang. Cuaca bisa berganti dengan depatnya. Pagi masih cerah, siang bisa hujan. Siang masih terang benderang, sore bisa menjadi pekat karena mendung yang tidak lama lagi bisa turun hujan. Karena itu tidak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian yang dibuat antara perusahaan asuransi dan tertanggung.

Sedangkan, menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992, asuransi adalah perjanjian antara dua belah pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung.

Premi Asuransi TLO

Besaran premi biaya asuransi TLO didasarkan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017. Ketentuan mengenai premi asuransi kendaraan, termasuk asuransi total loss only ada di dalam surat edaran OJK tersebut. 

Perbedaan harga premi asuransi disesuaikan dengan jenis kendaraan dan wilayahnya. Kisaran harga premi asuransi total loss only berada pada 0,2% hingga 0,69% dari harga kendaraan nasabah dan dibayar sekali saja untuk mendapatkan perlindungan selama setahun penuh.

Sudah siap untuk memilih asuransi TLO? Pahami juga cara klaim asuransi total loss only untuk dapatkan klaim dengan sebaik-baiknya.

Memilih Asuransi Lifepal

Lifepal adalah online marketplace asuransi yang dapat membantu nasabah membandingkan dan beli polis asuransi secara online. Melalui Lifepal, kita bisa mendapatkan informasi asuransi yang kita inginkan, dan memilih asuransi yang tepat untuk kita.

Lifepal sangat dipercaya karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin KEP-018/KMK.17/1992. Lifepal juga anggota Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APPARINDO) dengan nomor anggota 60-2001/APPARINDO/2019.

Melalui Lifepal juga kita bisa dengan mudah memilih dan membeli produk asuransi secara transparan, sesuai kebutuhan dengan premi terbaik sesuai yang kita inginkan. Lifepal memberikan pilihan terbaik asuransi yang ada di Indonesia. (*)

Sumber gambar di atas diambil dari aset Canva yang sudah ada lisensi penggunaannya.