Pilih Laman

Sekarang ini banyak orang yang punya mobil. Ya, mobil bukanlah benda yang sulit ditemui. Coba deh amati satu komplek di rumah kita. Yang tidak punya mobil bisa dihitung. Hampir semuanya punya. Beragam alasan orang punya mobil. Mulai dari untuk kebutuhan hiburan keluarga, menunjang pekerjaan, memudahkan aktivitas hingga tentang gengsi.

Punya mobil bisa merupakan kebutuhan dan keinginan. Nah, kalau kamu termasuk yang mana? Apapun alasannya pastikan kamu menjaga mobilmu dengan baik. Hal ini sangat penting agar sarana transportasi ini bisa awet dan terjaga. Asuransi mobil Sinar Mas memiliki beberapa keunggulan. Jika pada umumnya perusahaan asuransi mobil hanya memperpanjang masa pertanggungan hingga usia kendaraan 10 tahun, asuransi mobil Sinar Mas bahkan bisa menanggung usia mobil maksimal hingga 12 tahun. Dengan lebih dari 540 bengkel rekanan, asuransi mobil Sinar Mas ini menjadi pilihan yang pas buat kita. 

Banyak kemungkinannya yang bisa terjadi pada mobil yang kita punya. Bisa rusak atau hilang. Namanya mobil juga kan dipakai. Mobil yang dipakai di rumah saja bisa rusak atau hilang apalagi mobil yang saban hari dipakai keluar rumah. Misalnya sering dibawa menyusuri jalan raya atau bahkan keluar kota. Ini pasti potensi rusak atau hilang lebih besar.

Memang sih kita berharapnya selamat aman dan nyaman dalam berkendara. Tapi ya itu tadi kondisi di jalan tidak bisa diprediksi. Sebaiknya kita mengantisipasi hal-hal apa saja yang bisa terjadi di jalan raya. Bahkan pada saat kita tidak sedang berkendara.

Nah, salah satu bentuk menjaga mobil dari rusak atau hilang adalah dengan asuransi. Buat kamu yang berada di Jakarta dan sekitarnya bisa juga memilih asuransi mobil Ramayana Jakarta yang punya perluasan asuransi berupa asuransi kecelakaan diri dan pertanggungan terhadap risiko akibat bencana alam. 

Masih amatir atau sudah pro sekalipun penting untuk punya asuransi kendaraan. Sebab namanya musibah bisa datang kepada siapa saja. Betul? Eh, kadang ada anggapan yang salah dengan adanya beberapa orang yang tidak mau punya asuransi.

Salah gimana? Jadi ada orang bilang punya asuransi itu sama saja meminta didatangkan musibah. Tentu pembaca tidak termasuk orang yang seperti itu kan?

Asuransi = Sedia Payung Sebelum Hujan

Temans, asuransi ini ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Jaga-jaga kalau ada kesulitan atau musibah yang bisa saja datang terjadi. Dalam hidup ini banyak kondisi yang tidak bisa diprediksi. Asuransi kendaraan ini memproteksi dari kemungkinan kerugian yang lebih besar lagi.

Asuransi kendaraan ini bermanfaat untuk memberikan ganti rugi jika kendaraan yang kita punya mengalami kerusakan atau hilang. Kerusakan ini bisa dalam kondisi parah maupun ringan. Ringan seperti apa? Misalnya lecet, gores, atau penyok ringan. Ada pula asuransi yang memberikan ganti rugi jika mobil rusak karena bencana alam seperti banjir atau gempa. Negara kita sering dilanda bencana alam, lho. Jadi mengasuransikan kendaraan itu pilihan tepat.

Karena mobil merupakan benda yang bernilai tinggi maka dia wajib kita jaga dan lindungi. Asuransi memiliki banyak manfaat positif untuk kita.

Menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 asuransi adalah perjanjian antara dua belah pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung. Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian yang dibuat antara perusahaan asuransi dan tertanggung.

Memilih Asuransi Mobil

Pada umumnya ada dua jenis asuransi mobil yaitu asuransi all risk (comprehensive) yang menanggung hampir semua kerusakan ringan maupun parah dan asuransi total loss only (TLO) yang menanggung apabila mobil rusak parah (minimal 75 persen). Ada juga asuransi TLO yang mengklaim kehilangan saja. Setiap jenis asuransi kendaraan akan memberikan manfaat yang berbeda-beda sesuai pada jenis dan fitur layanan yang dipilih.

Lalu bagaimana cara memilih asuransi mobil paling tepat sesuai kebutuhan?

Pertama, Lakukan Survei

Sebelum memilih lakukan survei perusahaan asuransi terlebih dahulu. Pertimbangannya begini. Asuransi terbaik pasti sudah punya jumlah nasabah yang banyak. Perusahaan asuransi itu juga biasanya punya platform online. Nah, kita bisa juga dapatkan informasi lengkap di platform online-nya itu.

Gali informasi sebanyak-banyaknya. Cermati berbagai produk asuransi yang mereka tawarkan lalu bandingkan dengan perusahaan asuransi lain.

Kedua, Pilih Produk yang Sesuai

Langkah selanjutnya adalah memilih produk asuransi yang sesuai dengan kondisi kendaraan dan buget yang dimiliki. Silakan mau pilih asuransi all risk (comprehensive) atau asuransi total loss only (TLO). Perhatikan juga kemampuan bayar premi.

Ketiga, Perhatikan Kontrak Kerjasama

Sebelum meneken kontrak kerjasama, pastikan kita sudah membaca lengkap dan memahami kontrak kerja sama yang diberikan. Ingat, sekali menandatangani dokumen tersebut, maka peraturan itu berlaku. Termasuk proses pembayaran premi dan klaim asuransi akan berjalan sesuai dengan ketentuan itu. Jadi misalnya ada hal di luar ketentuan pastinya kembali merujut ke dokumen itu.

Keempat, Kemudahan Layanan

Untuk kenyamanan pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan layanan baik untuk mengurus premi maupun pengajuan klaim. Kemudahan layanan ini termasuk adanya layanan online yang bisa menghemat waktu dan tenaga. Kemajuan teknologi menghadirkan beragam kemudahan aktivitas kita termasuk dalam memilih asuransi.

Sudah yakinkan untuk memilih asuransi terbaik buat mobil kita?