Pilih Laman

Saat ini kesadaran menggunakan asuransi semakin meningkat. Semakin banyak orang yang sadar menggunakan asuransi sebagai sebuah upaya untuk menjaga diri dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Kita harus menjaga diri baik di lingkungan tempat tinggal juga di tempat bekerja. Saat bekerja, ada kemungkinan risiko. Misalnya sakit, mendapat kecelakaan, bahkan meninggal dunia. Kita punya kendaraan juga punya risiko seperti kerusakan, tabrakan, atau kehilangan. Dalam perjalanan juga punya resiko seperti kehilangan barang atau pencurian.

Kalau Anda sering berobat, maka penting menggunakan asuransi. Biaya berobat biasanya jauh lebih mahal dan lebih besar daripada biaya asuransi. Tapi, kalaupun Anda sehat dan merasa khawatir dengan sesuatu risiko yang bisa terjadi, asuransi juga merupakan pilihan penting.

Pengertian Asuransi

Menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992, asuransi adalah perjanjian antara dua belah pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian yang dibuat antara perusahaan asuransi dan tertanggung.

Jenis-Jenis Asuransi dan Contohnya

Jenis-jenis asuransi sangat banyak. Kita perlu mengenal jenis-jenis asuransi lalu memilih sesuai kebutuhan dan kepentingan kita.

 1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan atau perawatan jika sakit atau mengalami kecelakaan.

Jadi, dengan menyetor sejumlah premi dalam jangka waktu tertentu, anggota asuransi bisa mendapatkan penggantian biaya ketika berobat atau dirawat.

Premi adalah sejumlah pembayaran yang tercantum di dalam polis, dibayar oleh anggota atau pemegang polis, yang harus dibayarkan terhadap pihak asuransi. Sementara, polis asuransi adalah surat kontrak atau perjanjian sebagai bukti pengalihan risiko dari tertanggung kepada penanggung.

Saat memilih asuransi kesehatan kita harus dapatkan informasi dengan lengkap. Hal-hal apa saja yang bisa diklaim dalam asuransi kesehatan itu. Contoh asuransi kesehatan

Contoh asuransi kesehatan adalah BNI Life Optima Cash Plan, AXA Mandiri Smartcare Executive, Lippo HealthPlus Family, BRI Life Simply HealthCare, Takafulink Salam Community, dan lainnya.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan perlindungan bagi keluarga peserta pemegang polis asuransi apabila terjadi kematian.

Beberapa produk asuransi jiwa juga juga memberikan pertanggungan apabila terjadi risiko cacat tetap total tapi biasanya berupa manfaat tambahan. Untuk hal ini kita harus menanyakan secara lengkap produk asuransi jiwa tersebut.

Ada dua jenis produk asuransi jiwa yaitu asuransi jiwa berjangka (term life) dan asuransi jiwa seumur hidup (whole life).

Asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan dalam jangka waktu tertentu misalnya setahun, lima tahun, sepuluh tahun dan seterusnya. Kalau asuransi seumur hidup memberikan pertanggungan seumur hidup. Contoh asuransi jiwa adalah Prudential PRUsafe Guard, BCA Life Proteksi Jiwa Optima, Takaful Al-Khairat Individu, Manulife Essential Assurance, Allianz SmartLink New Flexi Account, dan lainnya.

3. Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah asuransi yang memberikan perlindungan atau proteksi kepada pemegang polis dari musibah kecelakaan seperti kecelakaan lalu lintas, kerja, maupun kecelakaan diri seperti misalnya terjatuh di rumah.

Asuransi ini biasanya men-cover pertanggungan apabila meninggal dunia atau cacat tetap total. Contoh asuransi kecelakaan adalah:

  • BRI Life Acci Care
  • Takaful Asuransi Kecelakaan Diri dan Hospital
  • AIA Group Personal Accident
  • ACA AsuransiKu
  • Allianz Personal Care
  • BCA Life b-SAVE Accident Protection
  • Cigna Proteksi Diri Ekstra
  • Adira Proteku Basic
  • Simas Jiwa SIJI Secure 1

 

 

4. Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi kerusakan, kecelakaan, atau kehilangan. Ada juga yang menanggung risiko kerusakan akibat bencana alam seperti banjir maupun huru-hara.

Pada umumnya ada dua jenis asuransi mobil yaitu asuransi all risk (comprehensive) yang menanggung hampir semua kerusakan ringan maupun parah dan asuransi total loss only (TLO) yang menanggung apabila mobil rusak parah (minimal 75 persen). Ada juga asuransi TLO yang mengklaim kehilangan saja.

Contoh asuransi mobil adalah:

  • Asuransi Adira Syariah
  • Asuransi Adira Autocillin
  • Asuransi Tugu Pratama
  • Asuransi MAG
  • Asuransi Mega Insurance
  • Asuransi Sinarmas
  • Dan lainnya

5. Asuransi Properti

Asuransi properti adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika terjadi insiden pada properti/rumah beserta aset di dalamnya seperti pencurian, kebakaran, atau bencana alam. Contoh asuransi property adalah ACA Rumah Idaman, Adira Tempat Usaha, Allianz Rumahku Plus, dan lainnya.

6. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang menanggung risiko yang terjadi saat melakukan perjalanan misalnya perjalanan bisnis atau traveling. Asuransi ini bisa menanggung kecelakaan, sakit, atau kehilangan barang.

Contohnya Asuransi Perjalanan AXA Mandiri, Asuransi Perjalanan Adira, Asuransi Perjalanan Sinar Mas, Asuransi Perjalanan Allianz, dan lainnya.

Ada lebih banyak lagi jenis-jenis asuransi dan contohnya. Pilih asuransi terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan premi Anda. Bagaimana cara memilih asuransi yang tepat? Kita bisa memilihnya lewat Lifepal.

Lifepal adalah online marketplace asuransi yang dapat membantu nasabah membandingkan dan beli polis asuransi secara online. Melalui Lifepal, kita bisa mendapatkan informasi asuransi yang kita inginkan, dan memilih asuransi yang tepat untuk kita.

Lifepal sangat dipercaya karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin KEP-018/KMK.17/1992. Lifepal juga anggota Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APPARINDO) dengan nomor anggota 60-2001/APPARINDO/2019.

Melalui Lifepal juga kita bisa dengan mudah memilih dan membeli produk asuransi secara transparan, sesuai kebutuhan dengan premi terbaik sesuai yang kita inginkan. Lifepal memberikan informasi terbaik asuransi yang ada di Indonesia.(*)